Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Konsep Pendidik Menurut Hamka

Yusridah, Yusridah (2015) Konsep Pendidik Menurut Hamka. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
103100209.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari latar belakang masalah yang mengungkap tentang bagaimana konsep Pendidik menurut Hamka dalam dunia pendidikan. Sifat apa saja yang harus dimiliki oleh seorang pendidik agar bisa menjadi teladan atau anutan bagi peserta didiknya. Dalam penelitian ini akan dibahas lebih khusus tentang makna dan hakikat pendidik,sifat dan karakteritik pendidik, tugas dan tanggung jawab pendidik, kehidupan spiritual pendidik, kompetensi pendidik. Sehinnga peneliti mengambil judul” KONSEP PENDIDIK MENURUT HAMKA”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagamana konsep pendidik menurut Hamka Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana konsep pendidik menurut hamka. Sehingga seorang pendidik tau bagaimana yang dikatakan pendidik yang sebenarnya yaitu pendidik mesti tau tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang pendidik, dan seorang pendidik lebih berhati hati lagi dalam menjaga perilaku serta tingkah lakunya baik di lingkungan luar pendidikan maupun dalam dunia pendidikan. Dengan hasil penelitian ini diharapkan ada peningkatan dalam menumbuhkan dan menjaga akhlakul karimah bagi seorang pendidik. Jenis Penelitian yang penulis lakukan merupakan penelitian kepustakaan (Library Research), yakni sebuah penelitian dengan prosedur non matematik (Kualitatif) dengan menggunakan teknik anlisis deskriptif dengan content analysis atau analisis isi. Pengumpulan data dilakukan setelah mengadakan analisis terhadap buku karya Hamka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepribadian yang baik dan terpuji sangatlah penting untuk dimiliki oleh seorang pendidik, karena pendidik merupakan orangtua peserta didik kedua yang mengambil bagian terpenting dalam membentuk karakter seorang peserta didik. Tidak hanya di lingkungan sekolah akan tetapi juga di lingkungan masyarakat. Selain itu seorang pendidik juga harus memberikan contoh perilaku mandiri dalam keseharian, memberikan arahan, latihan dan bimbingan kepada anak, bekerja sama antar sesama guru serta selalu berkomunikasi dengan orangtua demi kemajuan peserta didik untuk kedepannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Anhar, M.A dan Muhammad Yusuf Pulungan, M.A
Keywords: Konsep Pendidik; Menurut Hamka
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 01 Sep 2020 04:52
Last Modified: 01 Sep 2020 04:52
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4621

Actions (login required)

View Item View Item