Retni, Retni (2015) Pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap pemahaman konsep siswa pada materi bangun ruang di kelas VI SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
11 330 0073.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pehaman konsep siswa di SMP N 5 Padangsidimpuan dalam pembelajaran metematika khususnya pada pokok bahasan balok dan kubus. Ketika guru memberikan soal, siswa sangat kesulitan dalam menyelesaikan soal tersebut, sebab selama ini siswa hanya menghafal rumus yang sudah jadi dalam pembelajaran tidak dengan memahami konsep rumus dalam penemuan rumus. Oleh karena itu diperlukan suatu inovasi pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan siswa yang berkaitan dengan masalah kehidupan nyata siswa, sehingga siswa tidak hanya mengetahui secara langsung tetapi juga dapat menemukan suatu konsep yang mereka pelajari Berkaitan dengan hal tersebut, guru dituntut untuk menguasai berbagai metode atau pendekatan pembelajaran dan mempunyai daya kreativitas yang tinggi agar para peserta didik dapat benar-benar paham akan konsep-konsep matematika yang telah ditanamakan.Dari latar belakang masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap pemahaman konsep siswa pada materi bangun ruang di kelas VIII SMP N 5 Padandsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan menggunakan desain non randomized control group pre test post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 5 padangsidimpuan yang terdidri dari 12 kelas, dan sampel di ambil dengan cara cluster sampling. Kelas VIII-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-8 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji t yang diperoleh dari hasil uji perbedaan rata-rata yang menunjukkan t hitung = 11,3947> t tabel = 2,021 dengan kata lain pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan kubus dan balok yang diajarkan dengan pendekatan matematika realistik lebih baik dari pemahaman konsep siswa yang diajarkan tidak menggunakan pendekataan matematika realistik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Ahmad Nizar Rangkuti dan Almira Amir |
Keywords: | pendekatan matematika realistik; pemahaman konsep siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 01 Sep 2020 04:12 |
Last Modified: | 01 Sep 2020 04:12 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4617 |
Actions (login required)
View Item |