Harahap, Ratna Gusniati (2015) Perbandingan pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran kontekstual terhadap pemahaman siswa pada materi peluang di kelas XI SMA Negeri 8 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
11 330 0072.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Dalam proses pembelajaran matematika pokok bahasan peluang siswa sering sekali terkendala dalam menganalisis soal-soal peluang, artinya siswa belum paham disaat kapan menyelesaikan soal dengan menggunakan aturan-aturan peluang, yaitu menggunakan aturan perkalian, aturan perhitungan permutasi, dan aturan perhitungan kombinasi. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk melihat adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Peluang menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Kontekstual di kelas XI SMA Negeri 8 Padangsidimpuan. Ruang lingkup teori-teori keilmuan yang digunakan sebagai pendekatan dalam penelitian ini meliputi pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran kontekstual, pemahaman siswa pada materi peluang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 8 Padangsidimpuan yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah siswa 124 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Random Sampling untuk mendapatkan 2 kelas sebagai sampel penelitian, yaitu kelas XI IPA1 dengan jumlah 25 orang dan kelas XI IPA3 dengan jumlah 24 orang. Instrumen Data yang digunakan adalah tes yang berbentuk pilihan ganda dan melakukan analisis statistik inferensial, yaitu untuk menguji hipotesis yang diajukan dengan menggunakan rumus uji t-tes. Dari hasil perhitungan diperoleh rata-rata hasil belajar matematika Materi Pokok Peluang dengan Pembelajaran Berbasis Masalah sebesar 80,40. Jika dikonsultasikan pada kriteria penilaian, maka nilai tersebut berada pada kategori “Baik”. Sedangkan nilai rata-rata pemahaman belajar matematika Materi Pokok Peluang dengan Pembelajaran Kontekstual sebesar 75,1. Jika dikonsultasikan pada kriteria penilaian, maka nilai tersebut berada pada kategori “baik”. Berdasarkan perhitungan diperoleh thitung sebesar 3,01. Sedangkan nilai ttabel dengan taraf signifikan 5% dan dengan derajat kebebasan n1 + n2 – 2 = 49 – 2 = 47 adalah 1,68. Hal ini berarti nilai thitung lebih besar dari pada nilai ttabel atau 3,01 > 1,68. Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peluang menggunakan pembelajaran berbasis masalah dan pembelajara kontekstual di SMA N 8 Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Lelya Hilda dan Suparni |
Keywords: | perbandingan pembelajaran; berbasis masalah; kontekstual; peluang |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 01 Sep 2020 03:54 |
Last Modified: | 01 Sep 2020 03:54 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4616 |
Actions (login required)
View Item |