Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh metode pembelajaran contextual teaching and learning terhadap penalaran matematis siswa pada pokok bahasan bangun ruang di kelas IV SD Negeri 200211 Padangmatinggi

Nasution, Ramadani (2015) Pengaruh metode pembelajaran contextual teaching and learning terhadap penalaran matematis siswa pada pokok bahasan bangun ruang di kelas IV SD Negeri 200211 Padangmatinggi. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 330 0071.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Siswa hanya akan memiliki kemampuan matematika sebatas menyelesaikan soal yang sama persis dengan contoh yang ada di buku jika penalaran matematisnya tidak berkembang dan akan kesulitan menyelesaikan soal dengan pola yang berbeda sehingga nilai siswa kurang memuaskan. Penalaran matematis akan membantu siswa dalam menetapkan sikap maupun perbuatan dalam kehidupan sehari-hari, karena hakikat proses belajar di sekolah adalah pengaplikasian dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengatasi kesulitan siswa dan mengembangkan penalaran matematis siswa diperlukan metode pembelajaran yang tepat. Dari permasalahan tersebut maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh signifikan metode pembelajaran contextual teaching and learning terhadap Penalaran matematis siswa pada pokok bahasan Bangun Ruang di Kelas IV SD Negeri 200211 Padangmatinggi,sedangkan tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh signifikan metode pembelajaran contextual teaching and learning terhadap penalaran matematis siswa pada pokok bahasan bangun ruang di Kelas IV SD Negeri 200211 Padangmatinggi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 200211 Padangmatinggi.. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 200211 Padangmatinggi yaitu kelas IV A sebanyak 38 siswa dan kelas IV B sebanyak 38 siswa dan sampel penelitian ini adalah seluruh anggota populasi yaitu berjumlah 76 siswa yang telah diuji homogenitas dan normalitasnya. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes. Berdasarkan hasil uji hiotesis diperoleh rata-rata kelas kontrol

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ahmad Nizar Rangkuti dan Lelya Hilda
Keywords: contextual teaching; Learning; penalaran matematis; bangun ruang
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 01 Sep 2020 03:34
Last Modified: 01 Sep 2020 03:34
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4615

Actions (login required)

View Item View Item