Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Perbedaan kemampuan komunikasi matematik siswa dengan mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan GI (grup investigation) pada materi pokok turunan di kelas XI SMA N 1 Batangtoru

Sitompul, Hapni Janipa (2015) Perbedaan kemampuan komunikasi matematik siswa dengan mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan GI (grup investigation) pada materi pokok turunan di kelas XI SMA N 1 Batangtoru. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 330 0053.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi untuk menggali kemampuan komunikasi matematik siswa dengan menggunakan dua model pembelajaran. Ketika guru memberikan soal, siswa sangat kesulitan dalam menyelesaikannya. Hal ini disebabkan karena siswa masih menggunakan sistem menghapal rumus-rumus dalam pembelajaran, tidak memperhatikan pelajaran yang disampaikan, tidak fokus dalam pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan suatu inovasi pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan siswa agar siswa tidak hanya menerima informasi dari guru tetapi juga mampu memberikan informasi kepada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui kemampuan komunikasi matematik siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. 2) Mengetahui kemampuan komunikasi matematik siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation). 3) Mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematik siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan GI (grup investigation) pada materi pokok turunan di kelas XI SMA N 1 Batangtoru. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Batangtoru. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen. Desain penelitian yang dipakai adalah Two group, pretes dan pos-tes. Populasi penelitian ini berjumlah 131 siswa kemudian yang menjadi sampel adalah XIipa 1 sebagai kelas eksperimen A yang berjumlah 43 siswa kemudian kelas XIipa2 sebagai kelas eksperimen B berjumlah 44 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes berbentuk uraian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematik siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan GI (grup investigation). Dimana nilai ratarata kelas eksperimen A dari 35,83 menjadi 76,03. Begitu juga dengan kelas eksperimen B dari 41,54 menjadi 78,11. Dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung = -0,87 < ttabel = 1,991. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ahmad Nizar Rangkuti dan Muhammad Darwis Dasopang
Keywords: strategi pembelajaran kooveratif (jigsaw); (investigasi grup); keterampilan komunikasi matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 01 Sep 2020 03:24
Last Modified: 01 Sep 2020 03:24
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4614

Actions (login required)

View Item View Item