Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penerapan metode demonstrasi dengan melakukan simulasi transaksi jual beli terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi aritmetika sosial dikelas VII SMP Negeri 1 Simpanggambir Kec. Linggabayu

Risna, Risna (2015) Pengaruh penerapan metode demonstrasi dengan melakukan simulasi transaksi jual beli terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi aritmetika sosial dikelas VII SMP Negeri 1 Simpanggambir Kec. Linggabayu. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 330 0072.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Pembelajaran di SMP Negeri 1 Simpanggambir dilakukan dengan cara konvensional sehingga kemampuan kognitif siswa sangat rendah. Dalam materi aritmetika sosial sangat cocok digunakan metode demonstrasi dengan simulasi jual beli sehingga siswa dapat memahami pelajaran dengan baik. Pembelajaran seperti ini memungkinkan siswa untuk mengembangkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan penuh dalam suasana belajar yang terbuka dan demokratis siswa akan mendapatkan pengalaman tentang berjualan, siswa tidak lagi sebagai objek pembelajaran namun bisa juga berperan sebagai tutor bagi teman sebayanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penerapan metode demonstrasi dengan melakukan simulasi transaksi jual beli terhadap kemampuan kognitif pada materi aritmetika sosial siswa kelas VII SMP N 1 Simpanggambir Kecamatan Linggabayu. Penelitian ini dilakukan di SMP N 1 Simpanggambir Kecamatan Linggabayu. Kelas yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-A dan VII-C. Kelas VII-A sebagai kelas kontrol dan kelas VII-C sebagai kelas eksprimen. Instrumen yang digunakan peneliti adalah tes berbentuk isian/uraian. Sebelum tes digunakan terlebih dahulu penelitimenguji cobakan tes. Hasil uji coba menunjukkan dari 10 soal pretes 3 diantaranya tidak valid sehingga tes yang digunakan untuk pretes adalah 7 butir soal begitu juga dengan instrument postes. Untuk melihat pengaruh X terhadap Y peneliti menggunakan uji perbeadaan dua rata-rata dengan menggunakan uji-t. Sebelum dilakukan uji-t terlebih dahulu peneliti menganalisa nilai rata-rata kedua kelas. Nilai rata-rata kelas kelas eksprimen sebesar 88,67 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 81,90. Dari rata-rata kedua kelas terlihat ada perbedaan, namun untuk memastikan bahwa perbedaan itu signifikan maka peneliti melakukan uji-t. Hasil analisa data menunjukkan thitung >ttabel yaitu 3,315 > 2,000 yang menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode demonstrasi dengan melakukan simulasi transaksi jual beli terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi aritmetika sosial di kelas VII Simpanggambir Kecamatan Linggabayu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Lelya Hilda dan Mariam Nasution
Keywords: Pembelajaran; matematika; konvensional
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2020 03:20
Last Modified: 01 Sep 2020 03:20
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4610

Actions (login required)

View Item View Item