Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Hubungan penguasaan konsep penjumlahan dan pengurangan dengan kemampuan menyelesaikan soal perkalian dan pembagian di kelas IV SD Negeri 200302 Batunadua Padangsidimpuan

Nauli, Mukhtar (2014) Hubungan penguasaan konsep penjumlahan dan pengurangan dengan kemampuan menyelesaikan soal perkalian dan pembagian di kelas IV SD Negeri 200302 Batunadua Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
07 330 0019.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)

Abstract

Salah satu usaha untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional adalah berusaha meningkatkan mutu pendidikan yang lebih baik, pembelajaran yang lebih praktis, aktif, inovatif, kreatif, menyenangkan, dan bermakna. Namun realitanya pembelajaran saat ini masih didominasi oleh pandangan bahwa pengetahuan adalah sebagai fakta untuk dihafal, sehingga siswa cenderung menerka dan menghayalkan suatu konsep. Akhirnya, siswa tidak mampu mengaitkan antara teori dengan praktek dalam kehidupan nyatanya. Oleh karena itu, salah satu usaha untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional adalah dengan memberikan pelajaran penguasaan konsep yang baik bagi siswa sebagai prasyarat dan kemampuan untuk pelajaran selanjutnya yang berhubungan. Dalam hal tersebut, penelitian ini mengambil topik utama yaitu hubungan penguasaan konsep penjumlahan dan pengurangan dengan kemampuan menyelesaikan soal perkalian dan pembagian. Untuk itu,dalam penelitian ini diajukan suatu permasalahan yaitu apakah ada hubungan penguasaan konsep penjumlahan dan pengurangan dengan kemampuan menyelesaikan soal perkalian dan pembagian di kelas IV SD Negeri 200302 Batunadua Padangsidimpuan? Dengan diadakannya penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui hubungan penguasaan konsep penjumlahan dan pengurangan dengan kemampuan menyelesaikan soal perkalian dan pembagian di kelas IV SD Negeri 200302 Batunadua Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan menetapkan sampel penelitian sebanyak 30 orang. Instumen yang digunakan adalah tes bentuk multiple choice, yang mana dibagi menjadi dua, yaitu tes variabel X dan tes variabel Y masing-masing sebanyak 20 soal. Dan dari uji kevalidan terhadap kelas di luar sampel dan sekolah yang berbeda, didapat soal yang valid sebanyak 17 soal dan soal tersebutlah yang diujikan untuk kelas sampel. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan korelasi product moment diperoleh  0,614   0,361 hitung tabel r r . Dengan demikian hipotesis dapat diterima. Oleh karena itu, dapat diambil kesimpulan bahwa “Ada Hubungan Penguasaan Konsep Penjumlahan dan Pengurangan dengan Kemampuan Menyelesaikan Soal Perkalian dan Pembagian di Kelas IV SD Negeri 200302 Batunadua Padangsidimpuan”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Mariam Nasution dan Almira Amir
Keywords: Penguasaan konsep; penyelesaian soal
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2020 02:50
Last Modified: 01 Sep 2020 02:50
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4605

Actions (login required)

View Item View Item