Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya peningkatan hasil belajar dengan menggunakan strategi active learning pada pembelajaran fiqh dengan materi taharah di kelas VII MTS Purbaganal Sosopan Kabupaten Padang Lawas Utara

Seriani, Nurasia (2015) Upaya peningkatan hasil belajar dengan menggunakan strategi active learning pada pembelajaran fiqh dengan materi taharah di kelas VII MTS Purbaganal Sosopan Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
093100151.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Hasil Belajar Dengan menggunakan Strategi Active Learning Mata Pelajaran Fiqh Materi Taharah di Kelas VII MTs Purbaganal Sosopan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dengan populasi sebanyak 3 kelas dengan jumlah siswa 180 orang, kemudian diambi sampel penilitian sebanyak satu kelas yaitu kelas VII-2 dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang yang akan diberikan tindakan berupa pengajaran melalui strategi Active learning. Penelitian ini adalah penilitian tindakan kelas (Class Room Action Research) yang dilakukan dengan metode siklus. Satu siklus terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (Action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Penelitian ini merupakan penelitian dalam bidang pendidikan, yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu di dalam kawasan kelas dengan tujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran secara professional. Dari hasil penelitian yang dilaksanakan diperoleh hasil bahwa menggunakan strategi Active learning dapat meningkatkan hasil belajar fiqh kelas VII MTs Purbaganal Sosopan. Seperti data yang diperoleh bahwa pada tes awal persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 35% (29 dari siswa) dengan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu: Siklus 1 Pertemuan I : 63,5% Siklus II Pertemuan II : 68,75% Siklus III Pertemuan III : 77,75%

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Sahadir Nasution, M.Pd dan Nur Azizah, M.A
Keywords: Peningkatan Hasil Belajar., Strategi Active Learning., Pembelajaran Fiqh
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 01 Sep 2020 02:19
Last Modified: 01 Sep 2020 02:19
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4602

Actions (login required)

View Item View Item