Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan metode inkuiri pada pokok bahasan pecahan di SMPN 1 Angkola Barat

Ritonga, Sopia Yuliana (2012) Peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan metode inkuiri pada pokok bahasan pecahan di SMPN 1 Angkola Barat. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
093300119.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Masalah yang terdapat dalam penelitian ini merupakan rendahnya hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Angkola barat. Salah penyebabnya adalah metode pembelajaran yang guru gunakan. Oleh karena itu, peneliti ingin melihat bagaimana penerapan metode inkuiri dalam upaya meningkatkan hasil belajar pada pokok bahasan pecahan di SMPN 1 Angkola Barat. Kerena pada materi pecahan hasil belajar siswa masih rendah, dan guru belum memvariasikan model mengajar. Adapun penelitian ini dilakukan oleh peneliti, dengan tujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode inkuiri dalam upaya meningkatkan hasil belajar pada pokok bahasan pecahan di SMPN 1 Angkola Barat. Dan juga memberikan tujuan bagi siswa yaitu meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu dengan menggunakan tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dengan menggunakan beberapa siklus, sehingga pada setiap tahap dapat dilihat letak peningkatan hasil belajar siswa. Instrumen yang peneliti gunakan adalah tes. Dari hasil penelitian diketahui bahwa penerapan metode inkuiri pada pokok bahasan pecahan meningkat di kelas VIIa SMP Negeri I Angkola Barat . Hal ini dapat dilihat adanya peningkatan dari setiap siklus. Pada siklus 1 pertemuan 1 nilai rata-rata 56,96 dengan persentase 31,25%, pada pertemuan ke-2 rata-rata 63,84 dengan persentase 46,87%. Pada siklus 2 pertemuan 1 nilai rata-rata 78,13 dengan persentase 78,13% dan pertemuan 2 rata-rata kelas 80,00 dengan persentase 90,63%. Sehingga dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa meningkat pada pokok bahasan pecahan. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa meningkat dengan penerapan metode inkuiri pada pokok bahasan pecahan di kelas VII SMP Negeri 1 Agkola Barat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Suparni, S.Si., M.Pd
Keywords: Hasil Belajar Siswa; Penerapan Metode Inkuiri; Pokok Bahasan Pecahan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 01 Sep 2020 01:23
Last Modified: 01 Sep 2020 01:23
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4599

Actions (login required)

View Item View Item