Siregar, Miftahul Jannah (2014) Pengaruh minat dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas xi MAS Daarul Muhsinin Janji Manahan Kawat Labuhan Batu. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
093300084.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini yaitu masih rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas XI MAS Daarul Muhsinin Janji Manahan Kawat Labuhan Batu. Permasalahan utama yang dibahas di dalam skripsi ini adalah adakah pengaruh minat terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI MAS Daarul Muhsinin Janji Manahan Kawat Labuhan Batu, adakah pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI MAS Daarul Muhsinin Janji Manahan Kawat Labuhan Batu, dan adakah pengaruh minat dan kedisiplinan belajar tehadap hasil hasil belajar matematika siswa kelas XI MAS Daarul Muhsinin Janji Manahan Kawat Labuhan Batu. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan sejauh mana pengaruh antara minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa, kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa dan minat belajar terhadap kedisiplin belajar siswa di kelas XI MAS Daarul Muhsinin Janji Manahan Kawat Labuhan Batu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis kuantitatif, yakni untuk memberikan gambaran dan sekaligus melihat hubungan diantara tiga variabel tersebut di atas dengan menentukan mean, median, modus dan standar deviasi untuk memberikan penafsiran terhadap sebaran data yang diperoleh dari populasi. Populasi adalah seluruh siswa XI MAS Daarul Muhsinin Janji Manahan Kawat Labuhan Batu yang berjumlah 120 orang, cara pengambilan sampel digunakan random sampling, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data dari lapangan menggunakan angket terhadap minat belajar, kedisiplinan belajar dan hasil belajar siswa menggunakan rapor siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif kemudian dianalisa dengan menggunakan rumus korelasi product momen, korelasi ganda dan regresi ganda, kemudian dilanjutkan dengan uji signifikan secara bersamaan dengan menggunakan rumus F untuk melihat sejauh mana hubungan ketiga variabel tersebut. Penjaringan data yang dilakukan dengan angket dan rapor siswa tersebut guna mendapatkan data mengenai hubungan minat belajar dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Perhitungan terhadap ketiga variabel diperoleh nilai rata-rata variabel X1 (minat belajar) yaitu 58,4 dengan kategori “sedang”, X2 (kedisiplinan belajar) yaitu 66,1 dengan kategori “sedang”, dan variabel Y (hasil belajar matematika siswa) yaitu 84,5 dengan kategori “sedang”. Berdasarkan perhitungan diketahui bahwa rhitung sebesar 0,548 untuk pengaruh minat tehadap hasil belajar matematika siswa dimana rtabel sebesar 0,361 dan ternyata rhitung > dari rtabel maka signifikan, kemudian rhitung sebesar 0,441 untuk pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa dan ternyata rhitung > dari rtabel maka dikatakan signifikan, dan selanjutnya secara bersamaan ketiga variabel diperoleh korelasi sebesar 0,57 kemudian Fhitung sebesar 6,49 dan Ftabel 3,35 ternyata Fhitung > dari Ftabel, maka hipotesis diterima / disetujui, jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas XI MAS Daarul Muhsinin Janji Manahan Kawat Labuhan Batu dengan kategori “sedang/cukup”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Aswadi Lubis, S.E., M.Si dan Zulhammi, M.Ag., M.Pd |
Keywords: | Minat; Kedisiplinan Belajar; Hasil Belajar Matematika |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mr. Muhammad Nuddin |
Date Deposited: | 01 Sep 2020 02:30 |
Last Modified: | 01 Sep 2020 02:30 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4597 |
Actions (login required)
View Item |