Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Kompetensi guru menurut Al-Ghazali

Muslihuddin, Muslihuddin (2015) Kompetensi guru menurut Al-Ghazali. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
093100063.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Adapun masalah yang muncul dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi guru menurut Al-Ghazali dan bagaimana relevansi kompetensi guru menurut Al-Ghazali di dunia pendidikan masa sekarang. Sesuai rumusan masalah dalam penelitian ini, maka penelitian ini bertujuan ingin mengetahui bagaimaimana kompetensi guru menurut Al-Ghazali dan untuk mengetahui bagaimana relevansi kompetensi guru menurut Al-Ghazali di dunia pendidikan masa sekarang. Data yang terkumpul melalui riset kepustakaan dianalisis dengan cara pendekatan filosofi dengan metode deskriptif-analitis. Metode deskriptif ini mencoba untuk memaparkan konsep-konsep pemikiran Al-Ghazali tentang kompetensi guru. Sementara metode analitis merupkan gabungan antara deduktif, induktif, dan interpretasi. Deduktif digunakan untuk memperoleh gambaran detail pemikiran Al-Ghazali tentang kompetensi guru. Induktif digunakan untuk memperoleh gambaran utuh tentang pemikiran Al-Ghazali mengenai topik-topik yang diteliti. dan, interpretasi digunakan untuk mendalami pemikiran Al-Ghazali sehingga bisa ditangkap nuansa yang dimaksudkannya. Hasil penelitian tersebut, diperoleh bahwa kompetensi guru menurut Al- Ghazali adalah meliputi sebagai berikut: 1. Kompetensi pedagogik guru harus memiliki kemampuan mengetahui potensi peserta didik, karena anak sejak kecil telah memiliki kejiwaan keilmuan yang harus dibangun melalui pendidikan ia mengatakan bahwa anak kecil laksana kertas putih yang bisa dituliskan kepadanya sesuai dengan lingkungannya. 2. Kompetensi kepribadian guru meskipun sarat dengan corak tasawufnya pemikirannya tentang pendidikan sangat dibutuhkan pada zaman sekarang karena seorang guru dalam menjalankan tugasnya harus ikhlas, jujur dan merupakan panggilan hati nurani dan menyenangi profesinya sebagai guru hal ini amat penting merupakan dasar setiap profesi. Tugas guru untuk mencari ridha Allah semata dan merupakan ibadah dalam interaksi peserta didik penuh kasih sayang, sabar dan menjadi suri tauladan. 3. Kompetensi profesioanal, guru harus cerdas, berilmu luas menguasai bahan yang diajarkannya dan luas wawasan hal ini terlihat dari diri Al-Ghazali sebagai orang yang memiliki menjadi guru yang cerdas, mencintai ilmu, senantiasa belajar, menguasai berbagai disiplin ilmu, terampil mengajar dan menulis bebagai disiplin ilmu. 4. Kompetensi sosial guru Al-Ghazali mengatakan setiap manusia tidak mungkin dapat hidup sendiri dia membutuhkan orang lain dia harus bergaul dan berkomunikasi dengan baik dengan semua orang termasuk murid, sesama guru orang tua peserta didik dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag dan Dr. Erawadi, M.Ag
Keywords: Kompetensi Guru; Al-Ghazali
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 01 Sep 2020 04:08
Last Modified: 27 May 2021 08:06
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4594

Actions (login required)

View Item View Item