Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh strategi PAKEM terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi pokok bangun ruang di kelas V SD Negeri 200508 Sihitang

Nasution, Nurpadilah (2015) Pengaruh strategi PAKEM terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi pokok bangun ruang di kelas V SD Negeri 200508 Sihitang. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 330 0119.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran strategi sangat perlu digunakan agar siswa lebih tertarik untuk belajar. Kemampuan berpikir kreatif adalah kemampuan yang tidak diperhatikan di kalangan SD khususnya SD Negeri 200508 Sihitang. Kemampuan berpikir kreatif SD Sihitang masih rendah oleh sebab itu peneliti bertujuan menerapkan strategi PAKEM. Tujuan dalam penelitian ini adalah : untuk mengetahui bagaimana pengaruh strategi PAKEM terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di SD Negeri 200508 Sihitang. Penelitian ini adalah penelitian eksprimen dengan menerapkan strategi PAKEM. Populasi dalam penelitian ini 2 kelas yaitu (VA) dan kelas (VB) yang terdiri dari 27 siswa per kelas. Dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh poulasi sehingga penelitian ini dinamakan penelitian populasi.Satu kelas sebagai kelas eksprimen (VA) dan satu kelas sebagai kelas kontrol (VB). Instrumen dalam penelitian ini adalah tes berbentuk essay. Sebelum tes diujikan terlebih dahulu diujikan uji coba instrumen. Analisis data yang digunakan adalah uji-t. Sebelum dilakukan uji-t terlebih dahulu peneliti menganalisa nilai rata-rata kedua kelas. Hasil postes menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksprimen sebesar 70,33 dan kelas kontrol 66,07. Dari rata-rata kedua kelas terlihat ada perbedaan, namun untuk memastikan bahwa perbedaan itu signifikan maka peneliti melakukan uji-t. Setelah dilakukan uji-t dapat diketahui bahwa hasil thitung > ttabel . Hasil thitung adalah 2,625 dan ttabel dengan dk = 52 dan taraf signifikansi 5% sebesar 2,0126. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan strategi PAKEM terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada pokok bahasan bangun ruang di kelas V SD Negeri 200508 Sihitang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Darwis Dasopang dan Suparni
Keywords: kemampuan berpikir kreatif: PAKEM
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 31 Aug 2020 04:39
Last Modified: 31 Aug 2020 04:39
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4591

Actions (login required)

View Item View Item