Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan metode contektual teaching and learning untuk meningkatkan kreativitas siswa pada pokok bahasan bangun ruang di kelas VIII-2 SMP Negeri 2 Ranto Baek Kab.Mandailing Natal

Habibah, Habibah (2015) Penerapan metode contektual teaching and learning untuk meningkatkan kreativitas siswa pada pokok bahasan bangun ruang di kelas VIII-2 SMP Negeri 2 Ranto Baek Kab.Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 330 0102.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Proses pembelajaran matematika di kelas VIII-2 menunjukkan masih banyak siswa yang kurang kreatif, kurang aktif dan tidak mandiri. Salah satu penyebab kurangnya kreativitas matematika siswa adalah cara belajar yang konvensional dan monoton yang berpusat pada guru, selain itu kebiasaan siswa yang tidak mampu mengerjakan soal yang diberikan guru, tidak memberikan jawaban dengan caranya sendiri atau jawaban yang bervariasi, tidak mengajukan pertanyaan-pertanyaan dengan baik, tidak berani memberikan saran atau usulan terhadap masalah yang tejadi Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode Contextual Teaching and Learning dapat menigkatkan kreativitas siswa pada pokok bahasan bangun ruang di kelas VIII-2 SMP Negeri 2 Ranto Baek Kab. Mandailing Natal, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangun ruang dapat meningkatkan kreativitas siswa. Mengetahui sejauh mana kreativitas siswa pada pokok bahasan bangun ruang. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII-2 siswa SMP Negeri 2 Ranto Baek yang beralamat di desa Muara Bangko, penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2014-2015 yang terdiri dari 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 yang berjumlah 25 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa hasil observasi kreativitas siswa dengan penerapan metode Contextual Teaching and Learning pada siklus I pertemuan ke-1 kreativitas siswa masih rendah yaitu rata-rata 24% kemudian pertemuan ke-2 meningkat menjadi 41% peningkatan ini masih jauh dari apa yang diharapkan sehingga penelitian ini dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II pertemuan ke-1 kreativitas siswa mencapai 60% kemudian pada pertemuan ke-2 yaitu 83%. Sedangkan hasil tes pada siklus I pertemuan ke-1 yaitu 32% kemudian pertemuan ke-2 meningkat menjadi 48% dan pada siklus II pertemuan ke-1 yaitu 68% kemudian pada pertemuan ke-2 meningkat mencapai 80%. Berdasarkan hasil observasi dan tes dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Contextual Teaching and Learning berhasil dapat meningkatkan kreativitas siswa pada pokok bahasan bangun ruang di kelas VIII-2 SMP Negeri 2 Ranto Baek Kab. Mandailing Natal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs.H.M.Idrus Hasibuan,M.Pd dan Almira Amir,M.Si
Keywords: Contextual Teaching and Learning,kreativitas siswa, Bangun ruang
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 31 Aug 2020 09:08
Last Modified: 01 Sep 2020 04:26
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4586

Actions (login required)

View Item View Item