Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pembelajaran bahasa arab di Madrasah Aliyah Darul Falah Langga Payung Kecamatan Sungai Kanan

Nasution, Rukiyah (2015) Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pembelajaran bahasa arab di Madrasah Aliyah Darul Falah Langga Payung Kecamatan Sungai Kanan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 310 0042.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mengupas permasalahan bagaimana Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas Pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Darul Falah Langgapayung Kecamatan Sungaikanan. Berdasarkan rumusan masalah yang dikemukakan di atas, maka yang menjadi tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Darul Falah Langgpayung dan bagaimana kualitas pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Darul Falah Langga payung Kecamatan Sungai kanan. Metode penulisan skiripsi ini menggunakan pendekatan analisa kualitatif diskriptif dengan menggunakan riset lapangan dan instrument pengumpulan data yang diambil adalah observasi, wawancara dengan sumber data 1(satu) orang guru bahasa Arab, kepala sekolah Madrasah Aliyah Darul Falah dan santri 25 orang. Analisi dilakukan dengan cara menelaah semua data yang tersediah dari sumber data, dengan cara reduksi data dengan cara membuat abstraksi, menyusun data secara sistematis dan mengorganisasi, kemudian menyeleksi dan mendiskripsikannya serta menarik kesimpulan. Pengambilan keputusan diampil dengan pola pikiran induktif dan deduktif dalam mengambil keputusan. Adapun tujuan penelitian ini dilakukan supaya kita mengetahui sejauh mana kualitas pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Langgapayung Kecamatan Sungaikanan. Dengan cara observasi dan wawancara dengan guru bahasa Arab, kepala sekolah ataupun siswa dan siswi di Madrasah Aliyah Darul Falah Langgapayung. Dari penelitian yang dilaksanakan, bahwa kualitas pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Darul Falah sudah menurun dengan cara peneliti sudah mengamati langsung bagaimana kualitas pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Darul Falah Langga payung Kecamatan Sungai Kanan dengan cara mengobservasinya terlebih dahulu dan mewawancarai secara langsung. Dan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pembelajaran bahasa Arab adalah faktor internal (faktor yang datang dari dalam), faktor eksternal (faktor yang datang dari luar) dan faktor dari keluarga. Dan metode yang dipakai dalam pembelajaran bahasa Arab adalah metode ceramah dan metode tanyak jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs.H.Dame Siregar,M.A dan H.Ismail Baharuddin,M.A
Keywords: Kualitas pembelajaran bahasa arab
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200409 Arabic Linguistics
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 01 Sep 2020 03:58
Last Modified: 01 Sep 2020 03:59
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4581

Actions (login required)

View Item View Item