Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pendekatan pemecahan masalah terhadap kreativitas siswa dalam belajar matematika pada pokok bahasan segi empat di kelas VII MTS Syekh Ahmad Basyir Kecamatan Batang Toru Kabupaten Tapanuli Selatan

Hasibuan, Winda Sari (2015) Pengaruh pendekatan pemecahan masalah terhadap kreativitas siswa dalam belajar matematika pada pokok bahasan segi empat di kelas VII MTS Syekh Ahmad Basyir Kecamatan Batang Toru Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 330 0085.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang berkembangnya kreativitas siswa di MTS Syekh Ahmad Basyir dalam pembelajaran metematika khususnya pada pokok bahasan segi empat. Selama proses pembelajaran, guru mendominasi kelas sehingga siswa kurang terlibat secara aktif, guru lebih terpaku pada ‘mengejar target’ tersampaikannya semua materi kepada siswa sehingga melupakan pentingnya pembelajaran yang bermakna. Proses pembelajaran seperti inilah yang mengakibatkan pembelajaran kurang efektif dan menjadikan kreativitas siswa kurang berkembang dalam proses pembelajaran. Untuk itu perlu dilakukan suatu pendekatan agar peserta didik mencapai hasil belajar yang maksimal dalam pokok bahasan segi empat, oleh karena itu pendekatan pemecahan masalah dengan mengembangkan kreativitas belajar matematika siswa dapat memaksimalkan cara belajar siswa. Berkaitan dengan hal tersebut, guru dituntut untuk menguasai berbagai metode atau pendekatan pembelajaran dan mempunyai daya kreativitas yang tinggi agar para peserta didik dapat benar-benar paham akan konsep-konsep matematika yang telah ditanamakan. Dari latar belakang masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Pengaruh pendekatan pemecahan masalah terhadap kreativitas siswa dalam belajar matematika pada pokok bahasan segi empat di kelas VII MTS Syekh Ahmad Basyir Kecamatan Batang Toru Kabupaten Tapanuli Selatan”. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan menggunakan desain non randomized control group pre test post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTS Syekh Ahmad Basyir yang terdiri dari 2 kelas, jenis sampelnya adalah random dengan menggunakan teknik simple random sampling karena populasinya kurang dari 100 maka peneliti mengambil semua populasi menjadi sampel dalam penelitian ini. Kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji t yang diperoleh dari hasil uji perbedaan rata-rata yang menunjukkan thitung = 9,174 > ttabel = 2,021 dengan kata lain terdapat pengaruh yang signifikan antara pendekatan pemecahan masalah terhadap kreativitas siswa dalam belajar matematika pada pokok bahsan segi empat di kelas VII MTS Syekh Ahmad Basyir Kecamatan Batang Toru Kabupaten Tapanuli Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Samsuddin dan Almira Amir
Keywords: pendekatan pemecahan masalah; kreativitas siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 31 Aug 2020 04:06
Last Modified: 31 Aug 2020 04:06
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4577

Actions (login required)

View Item View Item