Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh metode resitasi terhadap pemahaman konsep siswa kelas VIII pada meteri pokok bangun ruang di SMP Negeri 1 Batang Natal

Nasution, Nurhalimah (2015) Pengaruh metode resitasi terhadap pemahaman konsep siswa kelas VIII pada meteri pokok bangun ruang di SMP Negeri 1 Batang Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 330 0065.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat dan usaha belajar siswa dalam pembelajaran matematika, serta siswa kurang tertantang dalam mempelajari dan menyelesaikan soal-soal matematika sehingga pemahaman belajar matematika rendah. Hal ini disebabkan kegiatan pembelajaran yang kurang efektif dan efisen. Untuk mengatasi rendahnya pemahaman belajar matematika siswa, guru matematika menggunakan metode resitasi diakhir pembelajaran, sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul ”Pengaruh metode resitasi terhadap pemahaman konsep siswa kelas VIII pada materi pokok bangun ruang di SMP Negeri 1 Batang Natal” Rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah “apakah ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh metode resitasi terhadap pemahaman konsep siswa kelas VIII pada materi pokok bangun ruang di SMP Negeri 1 Batang Natal.” Dan adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode resitasi terhadap pemahaman konsep siswa kelas VIII pada materi pokok bangun ruang di SMP Negeri 1 Batang Natal. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode diskriptif dengan pendekatan korelasional. Instrumen yang dibutuhkan untuk mengumpulkan data dilakukan dengan menggunakan angket dan tes, dengan jumlah sampel 40 siswa yang diambil dari populasi 159 siswa sehingga penelitian ini merupakan penelitian yang diambil secara random sampling. Selanjutnya untuk mengetahui hubungan antara dua variabel digunakan rumus persamaan regresi linear sederhana, serta untuk melihat kesignifikanannya di lihat dengan menggunakan uji F. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode resitasi terhadap pemahaman konsep siswa kelas VIII pada materi pokok bangun ruang di SMP Negeri 1 Batang Natal dengan rhitung > rtabel atau 0,515 > 0,312 dalam kategori sedang. Untuk menguji kebenarannya dibuktikan dengan uji signifikan analisis regresi yaitu diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 6,845 > 4,105 dengan persamaan regresi y = 64,373 + 0,32X. Konstribusi determinan sebesar 26,52% dan sisanya 73,48% ditentukan oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. M. Idrus Hasibuan, M.Pd dan Suparni, S.Si, M.Pd
Keywords: Metode Resitasi; Pemahaman Konsep Siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 31 Aug 2020 03:46
Last Modified: 31 Aug 2020 03:46
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4576

Actions (login required)

View Item View Item