Siregar, Susilawati (2015) Hubungan penguasaan konsep kelipatan persekutuan terkecil dengan hasil belajar materi operasi pecahan di kelas V Negeri No.200115 Padangidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
11 330 0083.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Pembelajaran matematika itu harus tersusun secara sistematis dan teratur, maka dalam proses pembelajaran matematika itu tidak boleh ada tahapan yang terlewatkan. Pembelajaran matematika itu harus disajikan dengan struktur yang jelas serta disesuaikan dengan kemampuan prasyarat yang dimiliki seorang siswa. Seperti halnya antara konsep kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dengan pecahan. Bila siswa ingin memiliki hasil belajar yang memuaskan terhadap pecahan maka terlebih dahulu siswa harus mampu memahami konsep kelipatan persekutuan terkecil (KPK) sebagai prasyarat untuk mempelajari pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran nyata apakah terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan konsep kelipatan persekutuan terkecil dengan hasil belajar materi operasi pecahan di Kelas V SD Negeri No.200115 Padangsidimpuan Utara yang berlokasi di Jl. K.H Ahmad Dahlan No.43 Padangsidimpuan. Untuk itu yang menjadi populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V SD Negeri No.200115 Padangsidimpuan utara yang terdiri dari dua kelas paralel yang berjumlah 40 orang. Sedangkan pengambilan sampel dengan total sampling, adapun sampel penelitian ini adalah seluruh kelas V yang berjumlah 40 orang. Selanjutnya, untuk menjaring data yang diperoleh dalam menganalisis data, Instrument yang digunakan sebagai pengumpulan data adalah tes. Kemudian data hasil penelitian diolah dengan dua tahap. Tahap pertama dengan analisis deskriptif, yaitu untuk mengetahui gambaran tentang kedua variabel. Tahap kedua dengan analisis inferensial, yaitu untuk menguji hipotesis yang telah diajukan dengan menggunakan rumus korelasi “ product moment”. Dari analisis data yang dilakukan diperoleh hasil rhitung = 0,443 sedangkan rtabel = 0,312 dengan taraf nyata 5%, ternyata thitung lebih besar dari ttabel yakni (4.576 > 1, 687). Hal ini berarti hipotesis diterima artinya terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan konsep kelipatan persekutuan terkecil dengan hasil belajar materi operasi pecahan di Kelas V SD Negeri No.200115 Padangsidimpuan Utara dengan kategori “sedang”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Zulhimma dsn Mariam Nasution |
Keywords: | konsep kelipatan persekutuan; belajar materi operasi pecahan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 31 Aug 2020 03:48 |
Last Modified: | 31 Aug 2020 03:48 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4575 |
Actions (login required)
View Item |