Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran kooperati tipe two stay two stray dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan segi empat di kelas VII MTsN Kase Rao-Rao Kecamatan Batang Natal

Batubara, Irawati (2015) Penerapan model pembelajaran kooperati tipe two stay two stray dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan segi empat di kelas VII MTsN Kase Rao-Rao Kecamatan Batang Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 330 0056.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Proses pembelajaran matematika di kelas VII-2 di MTsN Kase Rao-Rao menunjukkan masih banyak siswa yang kurang aktif, kurang memperhatikan, kurang memahami dan kurang berminat dalam belajar matematika. Inilah salah satu penyebab kurangnya kemampuan kognitif siswa dan sistem belajarnya yang monoton atau ceramah saja, selain itu siswa juga kurang aktif dalam menanyakan pembahasan yang kurang dimengerti, dan tidak semua siswa mau mengerjakan soal- soal yang diberikan guru. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan segi empat di kelas VII-2 MTsN Kase Rao-Rao Kecamatan Batang Natal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka salah satu solusinya yaitu dengan menerapakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (dua tinggal dua tamu), dengan tujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan segi empat di kelas VII-2 MTsN Kase Rao-Rao Kecamatan Batang Natal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN Kase Rao-Rao Kecamatan Batang Natal. Dilaksanakan pada semester genap tahun akademik 2014-2015 yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 yang berjumlah 32 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa hasil observasi kemampuan kognitif siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray pada siklus I pertemuan ke-1 kemampuan kognitif siswa masih rendah yaitu rata-rata 56,2% kemudian pada pertemuan ke-2 meningkat menjadi 66,2% peningkatan ini masih jauh dari apa yang diharapkan sehingga penelitian ini harus dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II pertemuan ke-1 kemampuan kognitif siswa menjadi 74,2% kemudian pada pertemuan ke-2 yaitu 81,8%. Sedangkan hasil tes pada siklus I pertemuan ke-1 dengan ketuntasan kalsikal 44%, pertemuan ke-2 meningkat yaitu 53%. Dan pada siklus II pertemuan ke-1 dengan ketuntasan klasikal 72% meningkat pada pertemuan ke-2 yaitu 81%. Berdasarkan hasil observasi dan tes dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray berhasil dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan segi empat di kelas VII-2 MTsN Kase Rao-Rao Kecamatan Batang Natal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Replita, M.Si. dan Suparni, S.Si, M.Pd
Keywords: Two Stay Two Stray; Kemampuan Kognitif Siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 31 Aug 2020 03:28
Last Modified: 31 Aug 2020 03:28
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4572

Actions (login required)

View Item View Item