Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap hasil belajar dalam ranah kognitif siswa pada pokok bahasan persamaan linier satu variabel di kelas VII MTsN 2 Padangsidimpuan

Harahap, Novita Efrida (2015) Pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap hasil belajar dalam ranah kognitif siswa pada pokok bahasan persamaan linier satu variabel di kelas VII MTsN 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 330 0020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di MTsN 2 Padangsidimpuan. Rendahnya kemampuan hasil belajar dalam ranah kognitif yang dimiliki siswa salah satunya dikarenakan dalam pelaksanaan pembelajaran disekolah masih menggunakan pembelajaran yang konvensional atau metode ceramah yang pembelajarannya cenderung monoton dan membuat siswa pasif dalam belajar dan kurang termotivasi dalam belajar matematika. Dengan demikian peneliti tertarik menelitti pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik karena dapat meningkatkan motivasi dan semangat siswa dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar dalam ranah kognitif siswa MTsN 2 Padangsidimpuan pokok bahasan persamaan linier satu variabel. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh suatu perlakuan. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VII dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah VII-2 dan VII-5. Kelas VII-2 dijadikan sebagai kelas eksprimen yang diajarkan dengan pendekatan matematika realistik dan kelas VII-5 dijadikan sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berbentuk pilihan berganda. Sebelum tes dipergunakan dalam penelitian terlebih dahulu dilakukan uji coba tes untuk melihat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda tes. Kemudian uji analisis data yang digunakan adalah uji-t. Sebelum dilakukan uji-t terlebih dahulu dianalisa nilai rata-rata kedua kelas. Hasil postes menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 88,65 dan kelas kontrol 75,33. Dari rata-rata kedua kelas terlihat ada perbedaan, namun untuk memastikan bahwa perbedaan itu signifikan maka peneliti melakukan uji-t. Setelah dilakukan uji-t dapat diketahui bahwa hasil thitung > ttabel . Hasil thitung dengan dk = 80 dan taraf signifikansi 5% adalah 3,78 dan ttabel sebesar 1,993. Terdapat pengaruh yang signifikan dari pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar dalam ranah kognitif siswa MTsN 2 Padangsidimpuan pokok bahasan persamaan linier satu variabel. Dengan demikian pendekatan pembelajaran matematika realistik sangat bagus diterapkan untuk kelas yang memiliki kondisi yang sama dengan MTsN 2 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ahmad Nizar Rangkuti dan Nasruddin Hasibuan
Keywords: Pendidikan matematika realistik; kognitif; persamaan linier satu variabel
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2020 02:42
Last Modified: 31 Aug 2020 02:42
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4560

Actions (login required)

View Item View Item