Harahap, Enny Dayanti (2015) Pengaruh penggunaan media gambar terhadap pemahaman segitiga dan jajargenjang di kelas IV SD Negeri 200222 Wek V Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
11 330 0010.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam menjawab soal-soal yang diberikan oleh guru pada pokok bahasan segitiga dan jajargenjang sub pokok bahasannya adalah keliling segitiga dan jajargenjang, luas segitiga dan jajargenjang. Siswa tidak memiliki konsep dasar segitiga dan jajargenjang yang memadai serta pemahaman siswa terhadap pokok bahasan tersebut sangatlah kurang. Selama ini siswa hanya mengikuti contoh-contoh yang diberikan oleh gurunya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana gambaran penggunaan media gambar terhadap pemahaman pada pokok bahasan segitiga dan jajargenjang di kelas IV SD Negeri 200222 Wek V Padangsidimpuanserta apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media gambar terhadap pemahaman segitiga dan jajargenjang di kelas IV SD Negeri 200222 Wek V Padangsidimpuan. Dari rumusan masalah tersebut yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penggunaan media gambar terhadap pemahaman segitiga dan jajargenjang di kelas IV SD Negeri 200222 Wek V Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode aksperimen. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas IV SD 200222 yang berjumlah 64 siswa, dengan jumlah sampel 33 siswa dikelas eksperimen A dan 31 siswa dikelas eksperimen B. Instrument pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu tes. Tes terdiri dari dua macam, yaitu pre tes (sebelum diberi perlakuan) dan post tes (setelah diberi perlakuan). Analisis data yang digunakan adalah Uji – t. Hasil uji persyaratan analisis data diperoleh kelas sampel peneliti berdistribusi normal yang kemudian dilanjutkan dengan perhitungan tes rata-rata untuk membuktikan hipotesis penelitian. Hasil uji-t diperoleh thitung (23,449)> ttabel(2,042) maka penolakan H0 dan diterima Ha, artinya dapat dismpulkan bahwa penelitian ini terdapat pengaruh signifikan antara penggunaan media gambar terhadap pemahaman pada pokok bahasan segitiga dan jajargenjang di kelas IV SD Negeri 200222 Wek V Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Tatta Herawati Daulae dan Mariam Nasution |
Keywords: | Media gambar; pemahaman |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 31 Aug 2020 02:22 |
Last Modified: | 31 Aug 2020 02:22 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4557 |
Actions (login required)
View Item |