Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran terpadu tipe connected pada materi segi tiga dan segi empat di MTs. Thoyibah Islamiyah Hutaraja Padang Lawas Utara

Dawiyah, Aldila Muhammad (2015) Upaya meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran terpadu tipe connected pada materi segi tiga dan segi empat di MTs. Thoyibah Islamiyah Hutaraja Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 330 0004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian pendahuluan mengidentifikasikan bahwa masih banyak siswa yang kurang aktif, kurang pemahaman konsepnya dan tidak mandiri dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari kebiasaan siswa sehari-hari seperti meniru tugas teman, tidak ada keinginan mempelajari kembali materi yang telah sebelumnya mereka pelajari sehingga berdampak negatif terhadap pemahaman konsep siswa. Berdasarkan fakta tersebut peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran terpadu tipe connected. Model pembelajaran tersebut diharapkan dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Model ini secara nyata mengorganisasikan atau mengintegrasikan suatu konsep, keterampilan atau kemampuan yang ditumbuh kembangkan dalam suatu kelompok bahasan lain dalam satu bidang studi. Sedangkan konsep adalah ketegori-kategori yang mengelompokkan objek, kajian dan karakteristik berdasarkan properti umum. Melalui pembelajaran terpadu tipe connected akan meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa, sehingga siswa mampu mengadakan analisis (penalaran) terhadap permasalahan (soal) untuk kemudian mentransformasikan ke dalam model dan bentuk persamaan matematika, Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Thoiyibah Islamiyah Hutaraja Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahapan, yaitu perencanaaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 36 siswa. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil tes pemahaman konsep matematika dengan penerapan model pembelajaran terpadu tipe connected pada siklus I pertemuan ke-1 pemahaman konsep matematika siswa masih kurang dengan rata-rata 33% kemudian pada pertemuan ke-2 meningkat menjadi 55%, peningkatan ini masih jauh dari apa yang diharapkan sehingga peneliti harus melanjutkan penelitian ke siklus II. Pada siklus II pertemuan ke-1 pemahaman konsep matematika siswa menjadi 75% kemudian pada pertemuan ke-2 yaitu 88%. Berdasarkan dari peningkatan tersebut menunjukkan dengan menggunakan model pembelajaran terpadu tipe connected dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan segitiga dan segi empat di kelas VII MTs. Thoiyibah Islamiyah Hutaraja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Erawadi dan Almira Amir
Keywords: Pemahaman konsep, connected
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2020 03:51
Last Modified: 28 Aug 2020 03:51
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4547

Actions (login required)

View Item View Item