Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis kesulitan siswa dalam belajar matematika pada materi pokok perkalian di kelas III SD Negeri 200501 Salambue Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara

Afandi, Azhari (2015) Analisis kesulitan siswa dalam belajar matematika pada materi pokok perkalian di kelas III SD Negeri 200501 Salambue Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 330 0044.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memaknai dan menerapkan konsep perkalian seperti halnya di kelas III di SD Negeri 200501 Salambue Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Siswa tidak dapat memaknai dan mengaplikasikan konsep materi perkalian sehingga siswa memperoleh hasil yang rendah. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kesulitan, faktor-faktor dan cara guru mengatasi kesulitan siswa dalam belajar matematika khususnya pada materi pokok perkalian kelas III SD Negeri 200501 Salambue. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek penelitiannya kelas III Negeri 200501 Salambue Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru SD Negeri 200501 Salambue Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Kemudian instrument pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara dan observasi. Sebelum tes digunakan terlebih dahulu peneliti memvalidkan kepada guru bidang studi matematika. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik penjamin keabsahan yang digunakan peneliti adalah ketekunan pengamatan, kecukupan referensi dan pola pencocokan data hasil penelitian. Rata-rata nilai yang diperoleh siswa adalah 55,64. Kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran matematika pokok bahasan perkalian bilangan bulat adalah siswa kurang dalam memaknai bahwa perkalian suatu penjumlahan berulang, siswa tidak menguasai konsep perkalian, siswa kurang memahami sifat-sifat perkalian, siswa kurang mampu dalam menyelesaikan perkalian bersusun dan siswa tidak dapat membuat soal cerita kedalam soal bentuk matematika. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa adalah faktor yang berasal dari dalam diri dan dari luar diri siswa. Faktor yang berasal dari dalam diri siswa adalah kemampuan memahami materi perkalian yang masih kurang, kurangnya kesiapan siswa untuk belajar, kurangnya kemauan siswa, minat siswa untuk belajar yang masih minim serta motivasi belajar siswa yang masih rendah. Upaya yang dapat dilaukan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa adalah dengan mengidentifikasi kesulitan yang dialami siswa kemudian memberikan program perbaikan atau remedi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si. dan Mariam Nasution, M.Pd.
Keywords: Kesulitan Belajar Matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 28 Aug 2020 02:32
Last Modified: 28 Aug 2020 02:32
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4538

Actions (login required)

View Item View Item