Irawan, Ira (2015) Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui cerita Islami di SD Negeri 101107 Aek Libung Kecamatan Sayur Matinggi. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
10 310 0097.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang masalah ini kurangnya pengaplikasian siswa terhadap nilai-nilai pendidikan agama Islam, seperti sipat yang kurang terpuji masih sering siswa laksanakan. Rumusan masalah dalam penelitian ini,bagaimana internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui cerita Islami di SD Negeri 101107 Aek Libung?. Apa faktor pendukung internalisasi nilai-nilai pendidikan Agama Islam melalui cerita Islami di SD Negeri 101107 Aek Libung?. Apa faktor penghambat internalisasi nilai-nilai pendidikan Agama Islam melalui cerita Islami di SD Negeri 101107 Aek Libung?. Tujuan untuk mengetahui bagaimana internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui cerita Islami di SD Negeri 101107 Aek Libung, untuk mengetahui apa faktor pendukung internalisasi nilai-nilai pendidikan Agama Islam melalui cerita Islami di SD Negeri 101107 Aek Libung, untuk mengetahui apa faktor penghambat internalisasi nilai-nilai pendidikan Agama Islam melalui cerita Islami di SD Negeri 101107 Aek Libung. Kegunaan penelitian ini memberikan gambaran tentang pentingnya pelaksanaan internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam yang dapat memberikan pengaruh terhadap perilaku seseorang. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu pendidikan agama Islam. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan nilai-nilai pendidikan agama Islam dan cerita Islami (kisah Nabi Ayyub As.) Metodologi peneletian ini deskriptif dengan metode pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data skunder. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggambarkan atau menguraikan dan menemukan data. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil yaitu internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui cerita Islami di SD Negeri 101107 Aek Libung belum terinternalisasi dengan baik karena pengaplikasian siswa belum terlaksana sesuai dengan nilai-nilai pendidikan Islam serta kurangnya minat siswa dalam belajar Pendidikan Agama Islam. Dan terdapat beberapa faktor pendukung internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui cerita Islami yaitu kemampuan guru dalam menguasai materi pelajaran, siswa aktif dalam belajar Pendidikan Agama Islam, adanya peraturan dan sanksi, fasilitas yang memadai. Dan terdapat beberapa hambatan internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui cerita Islami seperti kurangnya kemampuan guru dalam menyampaikan materi, lemahnya IQ siswa dalam memahami materi pelajaran, kurangnya kerja sama guru dengan orangtua, kurangnya minat siswa dalam belajar pendidikan agama Islam dan faktor lingkungan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Abdul Sattar Daulay dan Erna Ikawati |
Keywords: | pendidikan Islam; iInternalisasi nilai-nilai; cerita Islami |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 27 Aug 2020 04:17 |
Last Modified: | 27 Aug 2020 04:17 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4535 |
Actions (login required)
View Item |