Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Prestasi belajar mahasiswa pasca penerimaan reward (beasiswa) di jurusan PAI fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan IAIN Padangsidimpuan

Sahriani, Sahriani (2015) Prestasi belajar mahasiswa pasca penerimaan reward (beasiswa) di jurusan PAI fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan IAIN Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 310 0034.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana prestasi belajar mahasiswa pasca penerimaan reward (beasiswa) di Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prestasi belajar mahasiswa pasca penerimaan reward (beasiswa) di Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini dilakukan dengan dokumentasi, wawancara dan observasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif deskriptif yaitu menggambarkan tentang prestasi belajar mahasiswa pasca penerimaan reward (beasiswa) di Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan. Hasil penelitian ini adalah Prestasi belajar mahasiswa Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dibuktikan dengan hasil wawancara dan dokumentasi dari Kartu Hasil Studi (KHS) mahasiswa yang menunjukkan bahwa: dari 109 Orang mahasiswa yang memperoleh Indeks Prestasi (3.50 – 4.00) berjumlah 47 Orang (43.12 %), (3.00 – 3.49) 49 Orang (44.95 %), dan (2.60 – 2.99) 13 Orang (11.93 %). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa terdiri dari: Faktor internal (faktor yang berasal dari dalam diri mahasiswa), antara lain minat, perhatian, kemauan, dan kedisiplinan. Faktor eksternal (faktor dari luar diri mahasiswa), yakni orangtua dan kondisi lingkungan di sekitar mahasiswa. Prestasi belajar mahasiswa pasca penerimaan reward (beasiswa) meningkat dari sebelumnya. Hal ini dibuktikan dengan hasil wawancara dan dokumentasi dari Kartu Hasil Studi (KHS) mahasiswa yang menunjukkan bahwa: dari 109 Orang mahasiswa sebelum menerima reward (beasiswa) yang memperoleh Indeks Prestasi (3.50 – 4.00) hanya 47 Orang (43.12 %), setelah menerima reward (beasiswa) meningkat menjadi 53 Orang (48.62 %), yang memperoleh Indeks Prestasi (3.00 – 3.49) 49 Orang (44.95 %), setelah menerima reward (beasiswa) menjadi 50 Orang (45.87 %), dan yang memperoleh Indeks Prestasi (2.60 – 2.99) 13 Orang (11.93 %), setelah menerima reward (beasiswa) menjadi 6 Orang (5.51 %)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Sumper Mulia Harahap dan Muhlison
Keywords: pendidikan Islam; reward (beasiswa)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 27 Aug 2020 03:47
Last Modified: 27 Aug 2020 03:47
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4527

Actions (login required)

View Item View Item