Jamil, Nur Asiah (2015) Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam (studi pada siswa SD Negeri 200304, Kelurahan Batu Nadua Julu, Kecamatan Padangsidimpuan Batu Nadua). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
09 310 0181.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Yang melatar belakang penelitian ini adalah guru SD Negeri 200304 Kelurahan Batu Nadua Julu Kecamatan Padangsidimpuan, melakukan internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam. Pembentukan dan pengembangan internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam harus ditanamkan guru Pendidikan Agama Islam pada siswa. Permasalahan dalam penelitian ini, yaitu apa saja yang dilakukan guru dalam rangka internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam kepada siswa SD Negeri 200304, Apa saja nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yang sudah dimiliki siswa SD Negeri 200304, dan apa saja kendala dan solusi guru dalam menginternalisasikan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada siswa SD Negeri 200304. Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam rangka internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada siswa SD Negeri 200304, mengetahui nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yang sudah dimiliki siswa dan mengetahui kendala dan solusi guru dalam menginternalisasikan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada siswa SD Negeri 200304. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yaitu penelitian yang dilakukan dengan pendekatan yang berorientasi pada fenomena-fenomena yang diamati dan diolah dengan menggunakan logika ilmiah. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang menggambarkan keadaan yang sebenarnya di lapangan secara murni dan apa adanya. Dari penelitian ini diketahui bahwa upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 200304 dilakukan dengan berbagai upaya, yaitu; Pertama menjadi diri sebagai teladan yang baik bagi anak didik. Kedua guru membiasakan anak didik dalam berbuat kebaikan. Ketiga memberikan motivasi kepada anak didik. Keempat pengawasan kepada anak didik. Nilai pendidikan agama Islam yang telah dimiliki sebagian siswa adalah; nilai aqidah, shalat, puasa, jujur, pemaaf dan tolong menolong. Dalam upaya menginternalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam anak di SD Negeri 200304 menghadapi berbagai kendala di antaranya kurangnya guru pendidikan agama Islam, latar belakang pendidikan guru pendidikan agama Islam yang bukan lulusan Pendidikan Agama Islam, kendala yang datang dari siswa itu sendiri, dimana latar belakang siswa yang berbeda dan faktor keluarga yang kurang harmonis seterusnya fasilitas dan lingkungan masyarakat. Namun demikian kendala tersebut tidak membuat upaya Guru Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 200304 terhenti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Agus Salim Daulay, M.Ag. dan Nahriyah Fatah, S.Ag., M.Pd |
Keywords: | Nilai-Nilai PAI |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 27 Aug 2020 03:22 |
Last Modified: | 27 Aug 2020 03:22 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4525 |
Actions (login required)
View Item |