Hasanah, Nur (2014) Pengaruh penggunaan metode bervariasi demonstrasi dan latihan terhadap hasil pembelajaran baca tulis Al-Qur’an siswa SMP Negeri 4 Batang Angkola. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
08 310 0154.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul “PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERVARIASIDEMONSTRASI DAN LATIHAN TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN SISWA SMP NEGERI 4 BATANG ANGKOLA”. Masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimana penggunaan metode bervariasi demonstrasi dan latihan baca tulis al-Qur’an SMP Negeri 4 Batang Angkola, bagaimana hasil pembelajaran siswa terhadap materi bacatulis al-Qur’an SMP Negeri 4 Batang Angkola, apa pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode bervariasi demonstrasi dan latihan terhadap hasil pembelajaran baca tulis al-Qur’an siswa SMP Negeri 4 Batang Angkola. Sejalan dengan masalah di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode bervariasi demonstrasi dan latihan baca tulis al-Qur’an siswa SMP Negeri 4 Batang Angkola, untuk mengetahui hasil pembelajaran baca tulis al-Qur’an siswa terhadap materi baca tulis al-Qur’an SMP Negeri 4 Batang Angkola, untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode bervariasi demonstrasi dan latihan terhadap hasil pembelajaran baca tulis al-Qur’an siswa Negeri 4 Batang Angkola. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMP Negeri 4 Batang Angkola. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilaksanakn riset dilapangan, instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi Dkn. Pengolahan data dilaksanakan secara kuantitatif. Selanjutnya dilaksanakan analisa data dengan menggunakan rumus statistik dalam bentuk korelasi produt moment, persamaan regresi linier sederhana dan dilanjutkan uji signifikansi. Hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh yang signikan penggunaan metode bervariasi demonstrasi dan latihan terhadap hasil belajar baca tulis al-Qur’an siswa SMP Negeri 4 Batang Angkola, dengan melihat tabel berdasarkan jumlah sampel 51 pada taraf signifikansi 5% ditemukan r tabel sebesar 0,279 dan pada taraf signifikansi 1% ditemukan r tabel sebesar 0,361. Maka r xy= 0,413 > dari r tabel =0,279 diterima,dengan koefisien korelasi 0,413. Dari persamaan regresi linier sederhana di peroleh Y= 51,556 + 0,193 X serta dilakukan uji signifikansi yang dibuktikan berdasarkan perhitingan yang diperoleh dari nilai F hitung= 10,056, dimana nilai tersebut lebih besar dari nilai F tabeluntuk interval kepercayaan 5% sebesar 4,04 dan untuk interval kepercayaan 1% sebesar 7,19. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan Penggunaan Metode Bervariasi Demonstrasi Dan Latihan Terhadap Hasil Belajar Baca Tulis Al-Qur’an Siswa SMP Negeri 4 Batang Angkola.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Agus Salim Lubis dan Hasiah |
Keywords: | Hasil pembelajaran; metode; variasi; demonstrasi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 27 Aug 2020 03:40 |
Last Modified: | 27 Aug 2020 03:40 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4513 |
Actions (login required)
View Item |