Lubis, Rodiah (2015) Akhlak guru dan siswa menurut perspektif al-Ghazali. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
10 310 0194.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Guru merupakan orang tua kedua bagi siswa yang bertugas mendidik, membimbing, melatih dan mengarahkan peserta didik, tetapi di sekolah guru lebih banyak menghukum daripada memberi reward kepada siswanya. Adapun yang menjadi rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana etika guru dan siswa menurut al-Ghazali. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui akhlak guru dan siswa menurut al-Ghazali. Dan kegunaan penelitian ini adalah Secara teoritis, dapat menyumbangkan khazanah intelektual Islam khususnya dalam pendidikan Islam. Secara praktis, dapat memberi wawasan dan pedoman bagi para peserta didik, baik murid maupun guru dalam rangka mencari pola hubungan yang ideal berbasis adab Islami. Adapun pembahasan dalam penelitian ini adalah berkaitan dengan akhlak guru dan siswa menurut al-Ghazali. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang erat hubungannya dengan permasalahan akhlak guru dan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library research), dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analitik. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Data dianalisis dengan menggunakan analisis isi atau content analysis yakni pengolahan data dengan cara pemilahan tersendiri berkaitan dengan pembahasan dari beberapa gagasan atau pemikiran para tokoh pendidikan yang kemudian dideskripsikan, dibahas, dan dikritik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akhlak guru menurut al-Ghazali adalah Guru harus memiliki kasih sayang kepada semua siswanya sebagaimana kasih sayangnya terhadap anaknya sendiri, mengikuti teladan Rasulullah SAW, menasihati dan mencegah siswa dari akhlak tercela, memperlakukan siswa sesuai dengan kesanggupannya, guru harus mengamalkan ilmunya. Akhlak siswa menurut alGhazali adalah jika bertemu dengan guru harus menghormatinya dengan mengucapkan salam, dan tidak banyak bicara ketika berada didepannya. Tidak berbicara dan bertanya sebelum minta izin terlebih dahulu. Tidak boleh menegur ucapan guru. Tidak mengucapkan sesuatu yang berbeda dengan ucapan guru. Tidak boleh bertanya kepada teman duduk ketika berada di depan guru. Tidak boleh menoleh kiri kanan, tetapi harus duduk sopan dan tenang sambil menundukkan kepala. Tidak banyak bertanya ketika guru kelihatan sedang lelah. Jika guru berdiri, ia harus memberi jalan. Tidak boleh berbicara yang menyela pembicaraan guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Tatta Herawati Daulae dan Nursyaidah |
Keywords: | Akhlak; guru; siswa |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 27 Aug 2020 03:17 |
Last Modified: | 27 Aug 2020 03:53 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4508 |
Actions (login required)
View Item |