Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peran guru pai dalam pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling pada peserta didik di MTsN Batang Toru Kabupaten Tapanuli Selatan

Harahap, Netti Irasari (2015) Peran guru pai dalam pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling pada peserta didik di MTsN Batang Toru Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
113100289.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul“Peran guru PAI dalam Pelaksanaan Pelayanan Bimbingan dan Konseling pada Peserta Didik di MTsN Batang Toru Kabupaten Tapanuli Selatan”. Penelitian ini bertujuan menggambarkan secara cermat Peran guru PAI. Dalam Pelaksanaan Pelayanan BK guna Mengatasi masalah yang dihadapi siswa di MTsNBatang Toru” Adapun bentuk-bentuk permasalahan yang sering dihadapi siswa yaitu: tidak masuk sekolah tanpa keterangan (alfa), tidak ikut shalat berjamaah, prestasi belajar siswa rendah, sering membawa handphone di sekolah, dan rambut panjang, merokok, berkelahi, pacaran, ribut pada waktu belajar, tidak mengaji sebelum datang guru, tidak piket pada jadwal yang ada, tidak membawa Al-qur’an, tidak mengaji sebelum mulai belajar, perempuan memakai aksesoris, laki-laki memakai celana kuncup, tidak bisa tampil dalam pelaksanaan apel pagi baik dia(pembawa acara, penceramah, doa, dan hafalan ayat), dll. Jenis penelitian ini penelitian kualitatif deskriptif menceritakan suatu keadaan untuk mengambil suatu kesimpulan. Sumber data penelitian ini yaitu data primer dan skunder, informan dalam penelitian ini guru pendidikan agama Islam, siswa, wali kelas, kepala TU, wakil kepala dan kepala sekolah. Instrument pengumpulan data penelitian ini wawancara, observasi dan keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pelaksanaan pelayanan BK di MTsN Batang Toru berjalan dengan baik, akan tetapi masih banyak siswa yang tidak mematuhi peraturan atau disiplin siswa sehingga menjadi masalah bagi siswa, kemudian peran guru PAI yaitu sebagai pembimbing, motivator, kolaborator, inisisator dll.Guru selalu memberikan bimbingan pada siswa setiap harinya dan setiap masuk kelas, bimbingan yang dimaksud disini agar siswa lebih fokus atau memperhatikan anak baik yang berkaitan dengan pribadi, sosial, dan bagaimana belajarnya. Bimbingan yang diberikan oleh guru PAI seperti memberikan arahan, nasehat, hikmah, peringatan dan bimbingan secara langsung, selalu memberikan motivasi dan dorongan yang kuat agar semangat dalam belajar, selain itu pikiran juga harus tenang dan konsenterasi tanpa ada beban dan masalah, supaya segala sesuatu yang diberikan guru agar dapat diselesaikan dengan baik. Dalam proses berlangsungnya pembelajaran di sekolah. Adapun upaya yang dilakukan guru BK adalah siswa menjadi lebih bersemangat dalam belajar, dapat menumbuhkan kesadaran siswa. Adapun hambatan yang ditemukan oleh gru PAI, kurangnya ilmu tentang BK, tidak ada fasilitas yang mendukung, dan siswa banyak yang sulit untuk dikendalikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Amin, M.Ag dan Zulhammi, M.Ag., M.Pd
Keywords: Pelaksanaan Pelayanan Bimbingan Konseling; Peserta Didik
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 27 Aug 2020 02:19
Last Modified: 27 Aug 2020 02:19
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4500

Actions (login required)

View Item View Item