Aswani, Siti (2015) Upaya guru bahasa arab dalam meningkatkan pembelajaran bahasa arab di MTs N 2 Padangsidimpuan Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
113100223.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Tidak terlepas dari masalah yang dihadapi, diantaranya kurangnya keseriusan siswa-siswi dalam mengikuti pembelajaran, pendiktean dan penghapalan bahasa arab, ditambah dengan kurangnya perhatian dan penyimakan berbahasa Arab oleh guru bahasa Arab, kurangnya keprofesionalan guru bahasa Arab, keterbatasan komponen-komponen yang akan dilaksanakan baik dari segi tujuan pembelajaran, bahan pembelajaran, metode pembelajaran, alat dan sumber pembelajaran, dan sebagainya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses pembelajaran bahasa Arab di MTsN 2 Padangsidimpuan (2) Apa saja kendala yang dihadapi guru bahasa Arab dalam Pembelajaran bahasa Arab di MTsN 2 Padangsidimpuan? (3) Apa saja upaya yang dilakukan guru bahasa Arab dalam Pembelajaran bahasa Arab di MTsN 2 Padangsidimpuan? Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa Arab di MTsN 2 Padangsidimpuan (2) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru bahasa Arab dalam Pembelajaran bahasa Arab di MTsN 2 Padangsidimpuan (3) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru bahasa Arab dalam Pembelajaran bahasa Arab di MTsN 2 Padangsidimpuan Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pada guru Bahasa Arab dan siswa/siswi MTsN 2 Padangsidimpuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik: (1) Observasi, dan (2) Wawancara dengan teknik pengolahan dan analisis data (1) Editing data (2) Mengadakan reduksi data (3) Mendeskripsikan data (4) Penarikan kesimpulan. Pembelajaran bahasa Arab yang dilaksanakan di MTsN 2 Padangsidimpuan sudah memadai, baik dari segi waktu pelaksanaan maupun tempat pembelajarannya. Kendala yang dihadapi yaitu: (1) Adanya siswa yang susah mengerti tentang pelajaran bahasa Arab, (2) Susah menangkap pelajaran yang dilakukan pada saat pembelajaran sedang berlangsung (3) Kurangnya minat siswa-siswi terhadap bahasa Arab, (4) Kurangnya fasilitas yang disediakan MTsN 2 Padangsidimpuan, yang dianggap dapat mendukung lancarnya pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di MTsN 2 Padangsidimpuan Kecamatan Padangsidimpuan.Upaya guru bahasa arab dalam pembelajaran yaitu: (1) Guru memperhatikan dan menyimak tata bahsa yang digunakan siswa/siswi dengan sebaik-baiknya (2) Memilih metode yang paling cocok dengan materi (3) Guru memperhatikan pelajaran yang akan disampaikan dengan baik, (4) Memadukan ilmu nahwu dan sharaf dalam pembelajaran bahasa Arab (5) Melaksanakan komponen-komponen pembelajaran dengan teratur.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag dan H. Ismail Baharuddin, M.A |
Keywords: | Guru Bahasa Arab; Meningkatkan Pembelajaran Bahasa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Muhammad Nuddin |
Date Deposited: | 27 Aug 2020 03:07 |
Last Modified: | 27 Aug 2020 03:07 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4498 |
Actions (login required)
View Item |