Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya menumbuhkan sikap positif siswa terhadap pembelajaran akhlak terpuji melalui model problem based learning kelas vii 2 SMP N 8 Padangsidimpuan

Aslam, Nur (2015) Upaya menumbuhkan sikap positif siswa terhadap pembelajaran akhlak terpuji melalui model problem based learning kelas vii 2 SMP N 8 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
113100077.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membicarakan tentang sikap positif siswa terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam materi pokok akhlak terpuji. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah siswa tidak menunjukkan sikap positif terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam materi pokok akhlak terpuji yang mana siswa tidak mendengarkan penjelasan guru, bermalas-malasan dalam belajar, ceroboh mengerjakan tugas, dan tidak disiplin, ini terjadi karena pembelajaran terkesan monoton sehingga siswa terlihat jenuh, karena kurang diberdayakan, mereka hanya berperan sebagai objek yang harus duduk memperhatikan guru yang sedang menerangkan. Untuk itu perlu adanya perbaikan pembelajaran dengan harapan untuk menumbuhkan sikap positif siswa terhadap akhlak terpuji, maka dilaksanakanlah penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah model pembelajaran berbasis masalah dapat menumbuhkan sikap positif siswa terhadap akhlak terpuji di kelas VII2 SMP Negeri 8 Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini untuk menumbuhkan sikap positif siswa terhadap akhlak terpuji melalui model pembelajaran berbasis masalah di kelas VII – 2 SMP Negeri 8 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dengan peneliti. Peran guru dalam penelitian ini adalah sebagai pengamat (observer), dan peran peneliti sebagai pelaksana pembelajaran (treatmen). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 8 Padangsidimpuan dengan subjek penelitian yaitu siswa-siswi kelas VII2 yang berjumlah 28 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah observasi dan angket. Kemampuan menumbuhkan sikap positif siswa terhadap pembelajaran akhlak terpuji dapat dianalisis melalui tahapan-tahapan siklus yang dilaksanakan pada saat penelitian dengan teknik analisis kualitatif deskriptif, yaitu mendeskripsikan implementasi dan hasil tindakan pada siklus I dan II berdasarkan alat pengumpul data observasi. Prosedur penelitian tindakan kelas (PTK) dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dengan 2 kali pertemuan dengan menggunakan model problem based learning. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis tindakan diterima yaitu adanya peningkatan sikap positif siswa terhadap pembelajaran akhlak terpuji melalui model problem based learning pada pokok bahasan pembiasaan dan manfaat berperilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti kelas VII2 SMP N 8 Padangsidimpuan. Hasil penelitian indikator sikap siswa terhadap pembelajaran akhlak terpuji sebagai berikut: 1) Memperhatikan penjelasan guru pada siklus 1 rata-rata persentasenya adalah 74,99% meningkat pada siklus 2 menjadi 89,28%. 2) Mengamati vidio pembelajaran yang berhubungan dengan akhlak terpuji pada siklus 1 rata-rata persentasenya adalah 66,06% meningkat pada siklus 2 menjadi 83,92%. 3) Memberikan komentar berupa pendapat mengenai vidio yang diamati pada siklus 1 rata-ratanya adalah 58,92% meningkat pada siklus 2 menjadi 76,78%. 4) Bertanya selama proses pembelajaran pada siklus 1 rata-ratanya adalah 51,78% meningkat pada siklus 2 menjadi 73,21%. 5) Menanggapi pertanyaan atau pun menanggapi kelompok pada saat diskusi pada siklus 1 rata-ratanya adalah 48,21% meningkat pada siklus 2 menjadi 66,06%. 6) Memberikan pendapat mengenai solusi dari masalah yang didiskusikan. Pada siklus 1 rata-ratanya adalah 37,49% meningkat pada siklus 2 menjadi 62,49%. Hasil penelitian tersebut telah mencapai harapan dalam penelitian ini. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model problem based learning dapat menumbuhkan sikap postif siswa terhadap pembelajaran akhlak terpuji kelas VII2 SMP N 8 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Asnah, M.A dan Ali Asrun Lubis, S.Ag., M.Pd
Keywords: Sikap Positif Siswa; Pembelajaran Akhlak Terpuji; Model Problem Based Learning
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 31 Aug 2020 02:45
Last Modified: 31 Aug 2020 02:45
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4495

Actions (login required)

View Item View Item