Dalimunthe, Ernalis Arsita (2015) Penerapan startegi pembelajaran fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Padangsidimpuan desa Panobasan Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
113100053.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Proses pembelajaran bukanlah menghapal fakta atau sejumlah informasi, akan tetapi pembelajaran bagaimana memperoleh pengalaman sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan pembelajaran sebelum proses pembelajaran dan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Padangsidimpuan Desa Panobasan Kabupaten Tapanuli Selatan. Strategi pembelajaran adalah langkah- langkah yang terencana yang bermakna luas dan mendalam serta berdampak jauh ke depan dalam menggerakkan seseorang agar dengan kemampuan dan kemauannya sendiri dapat melakukan kegiatan yang berhubungan dengan belajar. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan yang sebenarnya di lapangan secara murni dan apa adanya. Sumber datanya terdiri dari sumber data primer dan skunder. Sumber data primer adalah guru bidang studi Fiqih dan sumber data sekunder adalah kepala madrasah dan guru-guru yang mengajar di madrasah tersebut. Dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini observasi dan wawancara. Observasi adalah pengamatan langsung kepada objek penelitian dengan cara mencatat data mengadakan pertimbangan kemudian mengadakan penelitian. Wawancara adalah kegiatan tanya jawab penulis dan guru bidang studi Fiqih. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan penerapan strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Padangsidimpuan Desa Panobasan Kabupaten Tapanuli Selatan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan dan materi yang disampaikan dapat dipahami oleh peserta didik. Strategi pembelajaran yang diterapkan guru Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Padangsidimpuan Desa Panobasan Kabupaten Tapanuli Selatan adalah strategi pembelajaran ekspositori, inkuiri dan strategi pembelajaran kooperatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. H. Muslim Hasibuan, M.A dan Drs. M. Idrus Hasibuan, M.Pd |
Keywords: | Startegi Pembelajaran Fiqih |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Muhammad Nuddin |
Date Deposited: | 28 Aug 2020 03:38 |
Last Modified: | 28 Aug 2020 03:38 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4494 |
Actions (login required)
View Item |