Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peranan guru PAI dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan pembelajaran kelompok pada pokok bahasan wudhu di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan

Pangaribuan, Wahdini Putri (2018) Peranan guru PAI dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan pembelajaran kelompok pada pokok bahasan wudhu di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 201 00072.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya sebagian siswa yang kurang bersemangat, malas dan bosan dalam mengikuti proses kegiatan belajar mengajar. Metode belajar yang dilakukan guru masih menggunakan metode ceramah. Peranan guru PAI sangat penting dalam membangkitkan semangat belajar siswa. Hal ini menimbulkan pertanyaan bagi peneliti bagaimana peranan guru PAI dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan pembelajaran kelompok pada pokok bahasan wudhu di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan, apa saja kegiatan inti yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan pembelajaran kelompok pada pokok bahasan wudhu di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori peranan guru Pendidikan Agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan guru PAI dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan pembelajaran kelompok pada pokok bahasan wudhu di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan, mengetahui apa saja kegiatan inti yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan pembelajaran kelompok pada pokok bahasan wudhu di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan dan mengintegrasikan secara sistematis fakta dan objek yang diteliti dengan apa adanya. Sumber data dalam penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam, guru bidang studi,siswa kelas X MIPA 2 dan kepala sekolah SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Instrument pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara dan observasi. Sedangkan analisis data yang dilakukan secara deskriptif dengan menggunakan logika ilmiah. Setelah penelitian ini dilaksanakan dapat diketahui bahwa peranan guru PAI dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan pembelajaran kelompok pada pokok bahasan wudhu sebagian sudah diterapkan yaitu sebagai motivator, mediator, fasilitator, pembimbing, evaluator, inisiator dan inspirator. Sedangkan yang belum diterapkan guru sebagai korektor dan informator. Meskipun masih terdapat beberapa siswa yang kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Kegiatan ini yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan pembelajaran kelompok pada pokok bahasan wudhu adalah membentuk kelompok kecil, merumuskan tujuan pembelajaran, menjelaskan kerja masing-masing kelompok, melaksanakan presentasi dan memberikan evaluasi kepada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Syafnan, M.Pd. dan Nursyaidah, M.Pd.
Keywords: Guru PAI; Pembelajaran Kelompok; Wudhu
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 14 Apr 2020 03:09
Last Modified: 14 Jul 2020 02:23
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/449

Actions (login required)

View Item View Item