Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pendidikan karakter dalam perspektif Islam untuk anak usia 7 sampai 12 tahun

Fauzan, Rahmad (2015) Pendidikan karakter dalam perspektif Islam untuk anak usia 7 sampai 12 tahun. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
103100190.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan sebuah nilai yang harus dipelajari, dirasakan dan diterapkan dalam keseharian setiap manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Konsep Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam untuk anak usia 7 sampai 12 tahun, Relevansi Pendidikan Karakter dengan Ajaran Islam. Skripsi ini menggunakan metode Library Research, yaitu penelitian yang dilakukan di perpustakaan yang objek penelitiannya dicari lewat beragam informasi kepustakaan. Penulis fokuskan penelitian ini pada pendidikan karakter dan pendidikan Islam untuk anak usia 7 sampai 12 tahun. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan dalam penelitian ini adalah dengan mencari dan mengumpulkan buku yang sesuai dengan judul penelitian. Karna objek dalam penelitian adalah buku-buku, maka penulis menelaah dan mengkaji buku-buku yang dipilih sebagai bahan penelitian. Setelah data terkumpul maka dilakukan penelaahan sistematis dalam hubungannya dengan masalah yang diteliti, sehingga diperoleh data atau informasi untuk bahan penelitian. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode deduktif, induktif yang menunjukkan bahwa: Konsep Pendidikan karakter dalam Islam untuk anak usia 7 sampai 12 tahun adalah Pembentukan akhlak/karakter anak tentunya haruslah melibatkan semua pihak yaitu rumah tangga, sekolah dan lingkungan masyarakat. Secara rinci, setidaknya terdapat 10 cara yang dapat dilakukan orangtua untuk mendidik secara tepat dalam rangka mengembangkan karakter yang baik pada anak, yaitu: Meletakkan agenda pembentukan karakter anak sebagai prioritas utama, Memikirkan jumlah waktu untuk berkomunikasi dengan anak-anak, Memberikan tauladan yang baik, Menyeleksi berbagai informasi dari media yang digunakan anak, Menggunakan bahasa yang jelas dan lugas tentang perilaku yang baik dan buruk, perbuatan yang boleh dan tidak boleh, Memberikan hukuman dengan kasih sayang, Belajar mendengarkan anak, Terlibat dengan kehidupan sekolah anak, Selalu makan bersama setidaknya sekali dalam sehari, Tidak mendidik hanya dengan kata-kata. Nilai-nilai pendidikan karakter yang bersumber dari agama, Pancasila, budaya dan tujuan pendidikan nasional Indonesia yaitu: religius, jujur, toleransi, disiplin, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, menghargai prestasi, cinta damai, peduli lingkungan, tanggung jawab yang seluruhnya harus mengacu pada tiga komponen yaitu moral knowing, moral feelling dan moral acting. Ketiga aspek tersebut sesuai dengan tujuan pendidikan Islam yaitu: aspek jasmani, rohani dan akal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Samsuddin, M.Ag dan Drs. Abdul Sattar Daulay, M.Ag
Keywords: Pendidikan Karakter; Anak Usia 7 Sampai 12 Tahun
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 26 Aug 2020 08:29
Last Modified: 26 Aug 2020 08:29
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4489

Actions (login required)

View Item View Item