Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan lintasan belajar pokok bahasan aritmatika sosial dengan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik kelas VII di SMP Negeri 1 Batang Angkola

Annisa, Putri (2019) Pengembangan lintasan belajar pokok bahasan aritmatika sosial dengan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik kelas VII di SMP Negeri 1 Batang Angkola. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1520200053.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kekurang pahaman siswa terhadap konsep-konsep Aritmatika Sosial. Selain itu, guru belum memberikan aktivitas yang dapat mendukung siswa dalam memahami konsep Aritmatika Sosial. Sehingga perlu dilakukan perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas dengan memanfaatkan aktivitas pembelajaran yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Dengan adanya pengalaman nyata yang dilakukan oleh siswa dalam proses pembelajaran, maka diharapkan siswa mudah mengingat dan memahami materi Aritmatika Sosial sehingga memperoleh hasil belajar yang baik. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana validitas dan praktikalitas lintasan belajar melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik pokok bahasan Aritmatika Sosial di SMP Negeri 1 Batang Angkola? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui validitas dan praktikalitas lintasan belajar melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik pokok bahasan Aritmatika Sosial di SMP Negeri 1 Batang Angkola. Penelitian ini merupakan penelitian design research tipe validation study yang bertujuan mengembangkan local instruction theory (LIT) dengan kerja sama antara peneliti dengan tenaga pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Batang Angkola dengan subjek ujicoba produk di kelas VII-A, berjumlah 32 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, angket serta menggunakan teknik analisis validitas dan praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lintasan belajar melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dikatakan valid dan praktis. Kevalidan lintasan belajar ditunjukkan dengan nilai 76 dari analisis 2 validator. Kepraktisan lintasan belajar ditunjukkan dengan nilai 88 dari angket respon siswa, terlaksananya seluruh komponen. Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik pada proses pembelajaran dan tertariknya siswa dalam mempelajari materi aritmatika sosial. Lintasan belajar yang dihasilkan pada penelitian ini berupa aktivitas-aktivitas yang dilakukan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran, dimana tujuan pembelajarannya yaitu untuk memahami defenisi harga jual, harga beli, serta untung dan rugi, menentukan bunga tunggal, diskon, dan pajak, serta memahami hubungan antara bruto, tara, dan netto.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr.Ahmad Nizar Rangkuti,S.Si.,M.Pd dan Nursyaidah,M.Pd
Keywords: Lintasan belajar, Pendekatan pendidikan matematika realistik, Aritmatika sosial
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 28 Aug 2020 09:44
Last Modified: 28 Aug 2020 09:44
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4485

Actions (login required)

View Item View Item