Hasibuan, Khairani (2019) Pengaruh penggunaan media audio musik klasik terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan aritmatika sosial di kelas VII MTsN 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1520200007.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa dalam bidang matematika adalah guru cenderung monoton dalam menguasai kelas sehingga peserta didik kurang leluasa dalam menyampaikan idenya. Siswa mempunyai rasa takut pada guru untuk bertanya apabila kurang mengerti. Akibatnya hasil belajar matematika kurang optimal serta suasana belajar di kelas yang sebenarnya menyenangkan hampir tidak tercipta. Mendengarkan musik-musik klasikketika melaksanakan pembelajaran disamping menciptakan kenyamanan dalam belajar juga dapat memberikan inspirasi dan motivasi serta menciptakan situasi kelas yang menyenangkan bagi sebagian siswa. Musik juga dapat melatih otak untuk melakukan pemikiran yang rumit, meningkatkan konsentrasi, dan menciptakan ketenangan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara penggunaan media audio musik klasik terhadap hasil belajar Matematika siswa pada pokok bahasan aritmatika sosial di kelas VII MTs.N 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain non ekuivalen (untreated control group design with pretest and postest). Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas VII di MTsN 2 Padangsidimpuan yang terdiri dari enam kelas dengan jumlah 204 siswa. Sampel penelitian ini yakni kelas VII-3 yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 dengan jumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes bentuk essay (uraian) yang berjumlah 7 soal materiaritmatikasosial. Data yang terdapat dianalisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji persyaratan analisis. Analisis data dilakukan dengan chi-kuadrat, uji kesamaan varians dan uji-t. Hasil uji persyaratan analisis data diperoleh kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji-t yang diperoleh yaitu thitung = 4,1883> ttabel = 1,998 , sehingga terjadi penolakan H0 dan penerimaan Ha. Penelitian ini menyimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media audio musik klasikterhadap hasil belajar Matematika siswa pada pokok bahasan aritmatika social di kelas VII MTs.N 2 Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Mariam Nasution,M.Pd dan Suparni,S.Si.,M.Pd |
Keywords: | Musik klasik, Hasil belajar |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 28 Aug 2020 09:55 |
Last Modified: | 28 Aug 2020 09:55 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4483 |
Actions (login required)
View Item |