Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan lembar kerja siswa berbasis kontekstual pokok bahasan segi empat untuk siswa kelas VII-4 MTs Negeri 2 Padangsidimpuan

Harahap, Lena Yannida (2019) Pengembangan lembar kerja siswa berbasis kontekstual pokok bahasan segi empat untuk siswa kelas VII-4 MTs Negeri 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1520200002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematika siswa khususnya pada materi segi empat. Hal ini disebabkan lembar kerja siswa yang ada kurang memfasilitasi pemahaman konsep siswa pada materi segi empat. Berdasarkan permasalahan tersebut, dilaksanakan penelitian yang bertujuan mengembangkan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kontekstual Pada Pokok Bahasan Segi Empat yang berkualitas ditinjau dari aspek komponenkomponen kontekstual dan kualitas serta untuk mengetahui respon siswa terhadap lembar kerja siswa yang telah di kembangkan. Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana validitas dan praktikalitas lembar kerja siswa berbasis kontekstual pokok bahasan segi empat untuk siswa kelas VII-4 MTs Negeri 2 Padangsidimpuan?. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Pengembangan ini dilakukan dengan melalui 7 tahapan, yaitu tahap penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan format produk awal, Uji coba awal, Revisi produk, uji coba lapangan dan revisi produk. Instrumen penelitian berupa angket. Angket respon siswa terhadap lembar kerja siswa (LKS) diberikan kepada 34 siswa MTs Negeri 2 Padangsidimpuan. Hasil penelitian menunjukkan kualitas Lembar Kerja Siswa Berbasis Kontekstual tergolong dalam kategori baik dengan persentase 83%. Komponen kontekstual dalam kategori baik dengan persentase 83% dan kualitas isi dengan persentase 83%. Berdasarkan hasil respon siswa terhadap LKS melalui angket tergolong dalam kategori baik dengan persentase 84%. Oleh karena itu, Lembar Kerja Siswa Berbasis Kontekstual Pokok Bahasan Segi Empat ini layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr.Ahmad Nizar Rangkuti,S.Si.,M.Pd dan Suparni,S.Si.,M.Pd
Keywords: Lembar Kerja Siswa (LKS), Kontekstual, Segi empat
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 28 Aug 2020 10:00
Last Modified: 28 Aug 2020 10:00
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4482

Actions (login required)

View Item View Item