Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Evaluasi kepuasan pelanggan pengguna listrik prabayar di Kelurahan Sihitang, Kota Padangsidimpuan

Ibrahim, Sangkot (2016) Evaluasi kepuasan pelanggan pengguna listrik prabayar di Kelurahan Sihitang, Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 230 0252.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Keberhasilan suatu perusahaan tidak terlepas dari pelayanan yang diberikan, salah satunya dengan memberikan Kepuasan kepada pelanggan, dengan memberikan mutu produk, harga, mutu pelayanan dan keamanan yang sesuai dengan harapan pelanggan. Banyaknya pelanggan yang kurang puas akan kinerja listrik prabayar, dan pelanggan yang ingin beralih ke listrik pasca bayar, menjadi latar belakang dalam penelitian ini. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah listrik prabayar memberikan kinerja sesuai dengan harapan pelanggan di Kelurahan Sihitang, Kota Padangsidimpuan. Yang bertujuan untuk mengetahui kesesuaian kinerja listrik prabayar dengan harapan pelanggan di Kelurahan Sihitang, Kota Padangsidimpuan dan upaya yang dilakukan PT. PLN (Persero) Area Padangsidimpuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Pembahasan ini berkaitan dengan ilmu manajemen pemasaran. Sehubungan dengan itu teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori manajemen syariah, kepuasan pelanggan, mutu produk, harga, mutu Pelayanan, dan Keamanan. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan metode analisis Uji beda dua rata-rata (Paired samples test), Uji Statistik deskriptif dan Uji hipotesis. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini berdasarkan pendapat slovin sebanyak 94 pelanggan. Pengolahan data dilakukan pada SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelanggan kurang puas akan pelayanan yang diberikan kinerja listrik prabayar. Dapat dilihat dari total harapan pelanggan lebih besar dibandingkan total kinerja listrik prabayar (7698 > 7546). Dan dari hasil Uji beda dua rata-rata diperoleh kesimpulan dari uji t diperoleh nilai t hitung sebesar 2,542 sedangkan t tabel diperoleh nilai sebesar 1,986. Karena nilai thitung > ttabel (2,542 > 1,986), dengan tingkat ketelitian 5 % maka hipotesis yang diajukan ditolak, artinya Ada perbedaan kinerja listrik prabayar dan harapan pelanggan di Kelurahan Sihitang, Kota Padangsidimpuan. Adapun upaya yang akan dilakukan jika usulan ini diterima PT. PLN (Persero) area Padangsidimpuan yaitu dengan melakukan sosialisasi kepada pelanggan tentang penggunaan, kemudahan, dan keuntungan yang didapatkan dari program listrik prabayar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Mutu produk; harga; mutu pelayanan; keamanan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 14 Apr 2020 02:29
Last Modified: 14 Apr 2020 02:29
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/447

Actions (login required)

View Item View Item