Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Persepsi guru Pendidikan Agama Islam terhadap penerapan kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Padangsidimpuan

Yusup, Indra (2020) Persepsi guru Pendidikan Agama Islam terhadap penerapan kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1420100222.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Kurikulum 2013 lewat peraturan pemerintah yang merupakan pengembangan kurikulum sebelumnya yang oleh sebagian orang merupakan keputusan yang sangat mendadak sebagai pengembangan kurikulum, menjadi sangat menarik untuk dikaji bagaimana persepsi guru PAI dalam penerapannya, dan penyebab persepsi positif dan negatif dalam penerapannya di MIN 2 Padangsidimpuan menjadi pembahasan dalam penelitian ini. Penelitian berdasarkan permasalahan di atas penelitian kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang menggunakan latar belakang alamiah, dengan maksud menafsirkan fenomena yang terjadi dan menganalisanya dengan menggunakan logika ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran keadaan yang sebenarnya di lapangan secara murni sesuai dengan konteks penelitian. Peneliti akan melihat Persepsi Guru PAI Terhap Penerapan Kurikulum 2013 di MIN 2 Padangsidimpuan. Dengan tujuan mengetahui bagimana persepsi guru PAI dalam penerapannya, dan penyebab persepsi positif dan negatif dalam penerapannya di MIN 2 Padangsidimpuan. Hasil yang diperoleh dari penelitian bahwa guru PAI di MIN 2 Padangsidimpuan telah menerapkan K13 sebagai kurikulum pembelajaran yang harus terus dikembangkan sebagai kurikulum wajib berdasarkan pada peraturan pemerintah pusat. Sebagian besar guru PAI menganggap K13 sangat sesuai dengan tuntutan zaman dibandingkan kurikulum sebelumnya. Sementara itu guru PAI menyarankan agar menyederhanakan administrasi hal ini termasuk penyebab munculnya persepsi negatif guru terhadap penerapan K13. Penyebab guru PAI memiliki persepsi positif dan negatif terkait penerapan K13 di MIN 2 Padangsidimpuan meliputi: a) masih kurangnya pelatihan yang dilaksanakan terkait K13 b) kurangnya media yang memadai dalam penerapan K13, c) monitoring yang baik dilakukan mestinya harus dilakukan sekaligus bimbingan dan arahan secara berkesinambungan, d) guru PAI masih belum sepenuhnya memanfaatkan media internet sebagai bahan pembelajaran dan peningkatan potensi dalam penerapan K13.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Irwan Saleh Dalimunthe, M.A. dan Nursyaidah, M.Pd.
Keywords: Penerapan kurikulum 2013
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Aflah Indra Pulungan
Date Deposited: 26 Aug 2020 04:44
Last Modified: 26 Aug 2020 04:44
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4458

Actions (login required)

View Item View Item