Salohot, Salohot (2015) Pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap keaktifan belajar siswa pada bidang studi sejarah kebudayaan Islam di MTs YPKS Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
103100117.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keaktifan belajar siswa masih rendah, yang pada kenyataannya masih ada siswa yang kurang aktif dan bahkan ada sebagian siswa yang sama sekali tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran seperti: datang ke sekolah hanya datang, duduk, diam. Selama proses pembelajaran, aktivitas siswa cenderung hanya mendengarkan dan mencatat penjelasan guru, jika diberi kesempatan untuk bertanya, siswa hanya berbisikbisik dengan teman, bahkan sebagian besar hanya diam. Jika guru memberikan pertanyaan, siswa menjawab secara bersama-sama. Siswa akan menjawab pertanyaan, jika pertanyaan tersebut ditujukan kepadanya. Siswa tidak mempunyai keberanian untuk bertanya dan menjawab pertanyaan guru. Artinya masih banyak siswa yang datang ke sekolah hanya mengisi absen, mendengar dan mencatat apa yang disampaikan guru, hal ini dikarenakan tidak ada persiapan untuk belajar sebelumnya. Ditambah lagi belajar tentang Sejarah Kebudayaan Islam cuma sekali seminggu serta buku paketnya pun tidak diberikan kepada setiap siswa melainkan kalau berketepatan mata pelajarannya bidang studi Sejarah Kebudayaan Islam maka disuruhlah 2 siswa untuk meminjam bukunya ke perpustakaan. Setelah selesai pembelajarannya bukunya dikembalikan lagi ke perpustakaan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan pengaruh model pembelajaran Snowball Throwingterhadap keaktifan belajar siswa pada bidang studi sejarah kebudayaan islam. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan pembelajaran, model pembelajaran Snowball Throwing, keaktifan belajar siswa, dan sejarah kebudayaan islam. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan model pretest posttestcontrol grup design. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan rumus chi-kuadrat dua rata-rata dan uji-t. Untuk mengetahui keterkaitan antara variable yang diteliti, maka dilaksanakan uji-t. Berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh thitung = 13,834 dan ttabel 2,00. Karena thitung > dari ttabel), maka Haditerima hal ini berarti ada perbedaan rata-rata yang disebabkan adanya pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap keaktifan belajar siswa yang berdasarkan perhitungan tersebut. Dari hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa hipotesis diterima atau terdapat pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap keaktifan belajar siswa pada bidang studi Sejarah Kebudayaan Islam di MTs YPKS Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Magdalena, M.Ag dan Dra. Rosimah Lubis, M.Pd |
Keywords: | Model Pembelajaran Snowball Throwing; Keaktifan Belajar Siswa; Bidang Studi Sejarah Kebudayaan Islam |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040307 Islamic History 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Muhammad Nuddin |
Date Deposited: | 26 Aug 2020 04:06 |
Last Modified: | 26 Aug 2020 04:06 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4454 |
Actions (login required)
View Item |