Sitompul, Arfan Afandi (2020) Penerapan metode inkuiri dalam peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1520100112.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Hasil pengamatan yang dilakukan peneliti, bahwa yang terjadi di SMK Negeri 2 Padangsidimpuan masih jauh dari hasil belajar yang tuntas. Berdasarkan pengamatan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam hanya berpusat kepada guru saja, sementara peserta didik hanya mendengar dan jarang terjadi komunikasi dua arah. Ketidak berhasilan peserta didik kelas X TBSM-2 dalam belajar, dapat dilihat pada nilai ujian semester ganjil yakni dari 33 peserta didik yang ada di Kelas X TBSM-2 SMK Negeri 2 Padangsidimpuan hanya 15 peserta didik yang dinyatakan tuntas atau kalau dipersentasekan hanya 45, 45 %. Sementara yang belum tuntas berjumlah 23 peserta didik. Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik penulis melakukan penelitian yang berjudul “Penerapan Metode Inkuiri dalam Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Padangsidimpuan”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Iman kepada Malaikat Allah di SMK Negeri 2 Padangsidimpuan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui metode inkuiri dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Iman kepada Malaikat Allah di SMK Negeri 2 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tidakan kelas. Proses pembelajarannya menerapkan metode inkuiri. Untuk membuktikan berhasilnya penerapan metode inkuri pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Iman kepada Malaikat Allah peneliti akan dilaksanakan dengan siklus dan akan dinyatakan berhasil jika 80 % peserta didik mencapai nilai hasil belajar ≥ 70. Siklus Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 4 tahap, yaitu planning, acting, observing, dan reflecting sampai tercapainya yang diharapkan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X TBSM-2 SMK Negeri 2 Padangsidimpuan. Instrumen penelitian ini adalah tes. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Iman kepada Malaikat Allah di SMK Negeri 2 Padangsidimpuan. Hal ini dapat dilihat dari upaya yang dilakukan oleh peneliti disetiap siklusnya. Hasil belajar peserta didik menunjukkan peningkatan dari nilai rata-rata pra penelitian sebesar 59, 59 menjadi 75, 75. Dari situlah disimpulkan bahwa penerapan metode inkuri dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Anhar, M. A. dan Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag., M. Pd. |
Keywords: | Penerapan Metode Inkuiri; hasil belajar; PAI |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Aflah Indra Pulungan |
Date Deposited: | 25 Aug 2020 09:35 |
Last Modified: | 25 Aug 2020 09:35 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4448 |
Actions (login required)
View Item |