Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an dan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode Al-Hira’ siswa di kelas VII SMP Negeri Sipirok Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan

Rambe, Suparman (2020) Peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an dan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode Al-Hira’ siswa di kelas VII SMP Negeri Sipirok Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1520100081.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini tentang usaha meningkatkan kemampuan membaca dan motivasi membaca Al-Qur’an siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sipirok. Hal ini dikarenakan rendahnya kemampuan membaca dan motivasi mereka dalam mempelajari Al-Qur’an. Melalui cara melaksanakan menggunakan metoder Al-Hira’ ini diharapkan terjadi peningkatan kemampuan dan motivasi membaca Al-Qur’an mereka khususnya siswa kelas VII. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode Al-hira’ meningkatkan kemampuan dan motivasi membaca al-Qur’an dengan benar, sesuai dengan kaidah makhraj dan tajwid pada siswa. Metode Al-Hira’ merupakan sebuah metode pembelajaran Al-Qur’an yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dalam tempo 24 jam. Peneliti memilih metode ini disebabkan karena metode ini merupakan metode baru yang efektif dan efisien dan juga metode yang dikembangkan oleh seorang ahli pembelajaran Al-Qur’an, yaitu Muhammad Roihan Nasution. Selain itu metode juga telah banyak diteliti oleh peneliti sebelumnya dan memperoleh nilai positif/sukses dalam penelitiannya. Penelitian ini menggunakan metode Penilitian Tindakan Kelas, yaitu sebuah metode penelitian yang dilaksanakan oleh seorang guru di dalam kelas pada dengan subjek penelitiannya siswanya sendiri. PTK dilaksanakan melalui empat tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Penelitian Tindakan Kelas merupakan penelitian dalam bidang pendidikan, yang bersifat refleksi dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu dalam kawasan kelas dengan tujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitan pembelajaran secara profesional. Hasil penelitian memnunjukkan dari hasil pretes atau tes pra tindakan memperlihatkan data antara lain skor rata-rata kelas siklus I yaitu 60,00 dengan prosentase ketuntasan dalam kelas yaitu 27,28 %, dengan demikian masih terdapat sekitar 72,72 % siswa yang harus dapat pengaruh yang intensif dari metode Al-Hira’, pada siklus II skor rata-rata 70,00 dengan prosentase ketuntasan dari keseluruhan menjadi 77,78% atau dari jumlah 36 siswa masih ada 8 siswa yang dikategorikan belum mencapai standar kemampuan baca Al-Qur’an. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan kemampouan membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode Al-Hira’ pada VII Smp Negeri 3 Sipirok Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli selatan.Mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Erawadi, M. Ag. dan Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag.
Keywords: Kemampuan dan Motivasi Membaca Al-Qur’an; Metode Al-Hira
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Aflah Indra Pulungan
Date Deposited: 25 Aug 2020 09:18
Last Modified: 25 Aug 2020 09:18
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4445

Actions (login required)

View Item View Item