Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Usaha guru fiqih dalam menggunakan media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman dalam materi fardu kifayah siswa MAN 2 Padang Lawas Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas

Tanjung, Fitriyani (2020) Usaha guru fiqih dalam menggunakan media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman dalam materi fardu kifayah siswa MAN 2 Padang Lawas Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1520100078.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Peneliti ini membahas tentang gambaran pemahaman siswa dalam materi fardu kifayah, dan usaha guru Fiqih menggunakan media pembelajaran penelitian ini dilatarbelakangi karena masalah yang terjadi di MAN 2 Padang Lawas Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas ialah, tenaga pendidik khususnya di tingkat Madrasah Aliyah Negeri belum memenuhi kualifikasi sebagai guru berkaitan dengan pengelolaan pembelajaran. Misalnya guru belum mampu memanfaatkan teknologi media pembelajaran atau belum mampu menyusun rancangan pembelajaran dengan baik. Padahal guru tidak lagi bertindak sebagai penyaji informasi tetapi harus mampu bertindak sebagai fasilitator, motivator. Rumusan masalah penelitian ini adalah apa media yang digunakan guru Fiqih dalam materi fardu kifayah dalam meningkatkan pemahaman siswa MAN 2 Padang Lawas? Bagaimana cara guru Fiqih dalam menggunakan media pembelajaran dalam materi fardu kifayah untuk meningkatkan pemahaman siswa MAN 2 Padang Lawas Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui media pembelajaran yang digunakan guru Fiqih dalam materi fardu kifayah di MAN 2 Padang Lawas, untuk mengetahui cara guru Fiqih dalam menggunakan media pembelajaran dalam materi fardu kifayah untuk meningkatkan pemahaman siswa di MAN 2 Padang Lawas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu penelitian yang dilakukan dengan menggunakan fenomena-fenomena yang terjadi secara fakta dan mengalisisnya dengan logika ilmiah. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu bahwa media yang digunakan guru Fiqih di MAN 2 Padang Lawas kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas adalah media poster, buku pelajaran, papan tulis, gambar/photo. Cara guru Fiqih dalam menggunakan media pembelajaran dalam materi fiqih tentang fardu kifayah untuk meningkatkan pemahaman siswa MAN 2 Padang Lawas. menerapkan media poster dan kemudian siswa satu persatu mempersiapkan poster masing-masing dan menjelaskannya di depan kelas secara bergiliran dan mampu menguasai materi yang diajarkan. Buku pelajaran ini pada saat proses pembelajaran apabila guru menjelaskan tidak lagi menjelakan dengan banyak hanya saja menjelaskan poin-poin pentingnya saja karena setiap murid sudah mendapatkan buku pelajaran yang telah disediakan oleh pihak sekolah. Bisa melihat langsung jenazah dengan bantuan adanya media tersebut maka para siswa juga lebih mudah untuk mempraktekkannya dengan adanya media dan saya sebagai guru tidak lagi ada kesulitan dalam proses pelaksanaannya. Lebih mudah menjelaskan dengan mencatat materi di papan tulis poin-poin petingnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A. dan Drs, H. Misran Simanungkalit, M. Pd.
Keywords: Usaha; Guru Fiqih; Media; Meningkatkan Pemahaman Fardu Kifayah
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Aflah Indra Pulungan
Date Deposited: 25 Aug 2020 09:08
Last Modified: 25 Aug 2020 09:10
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4444

Actions (login required)

View Item View Item