Hasibuan, Rahmat Pauji (2016) Pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan (studi kasus pada perusahaan sektor konsumsi yang terdaftar di bursa efek Indonesia). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 230 0249.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Profitabilitas dapat mencerminkan keuntungan dari investasi keuangan, artinya profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan karena sumber internal yang semakin besar. Semakin baik pertumbuhan profitabilitas perusahaan berarti prospek perusahaan di masa depan dinilai semakin baik, artinya nilai perusahaan juga akan dinilai semakin baik di mata investor. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan nilai ROE (Return On Equity) dan ROA (Return On Assets) namun tidak diikuti dengan peningkatan Nilai Perusahaan dan adanya Penurunan nilai ROE dan ROA namun tidak diikuti dengan penurunan Nilai Perusahaan. Rumusan masalah penelitian adalah apakah ROE dan ROA Berpengaruh Terhadap Nilai Perusahaan baik secara parsial maupun simultan. Tujuan penelitian ini adalah Untuk menganalisis pengaruh ROE dan ROA terhadap Nilai Perusahaan Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dimana dalam menilai suatu perusahaan dapat dilihat dari rasio keuangan, jika rasio keuangan suatu perusahaan semakin baik nilainya maka nilai perusahaan juga dinilai baik. Salah satu rasio keuangan yang dapat digunakan adalah rasio profitabilitas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Alat analisis yang digunakan adalah, Statistik deskriptif, uji normalitas, uji multikolimeritas, uji heterokedastisitas, uji autokorelasi, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis (uji t dan uji F), uji koefisien determinasi disesuaikan (adjust R2). Dengan menggunakan program SPSS Versi 22.0. diperoleh hasil pengukuran regresi dengan persamaan NP = 1,233+7,104 ROE+ (-0,714) ROA+e dan data adjust R square adalah 0.176 hal ini berarti variabel ROE dan ROA mampu menerangkan variabel Nilai Perusahaan sektor konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebesar 17,6%, sedangkan sisanya sebesar 82.4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam model ini (tidak diteliti). Untuk variabel ROE, ttabel (1,67866) > thitung (1,192), maka Ho ditolak dan Ha diterima atau ROE berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Untuk variabel ROA, ttabel (1,67866) > thitung (-0,088), maka Ho ditolak dan Ha diterima atau ROE berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. Untuk variabel ROE dan ROA secara simultan FHitung (6,031) > FTabel (3,20). Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima atau ROE dan ROA secara simultan berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Nilai perusahaan; profitabilitas; ROE (return on equity); ROA (return on assets) |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150205 Investment and Risk Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 14 Apr 2020 02:22 |
Last Modified: | 14 Apr 2020 02:22 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/444 |
Actions (login required)
View Item |