Harahap, Desi Nelpiah (2020) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan pembelajaran efektif Sekolah Dasar Negeri 101450 Balimbing Kecamatan Padang Bolak Julu. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1520100007.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian masih banyak siswa yang tidak aktif, dilihat dari hasil belajar juga tidak sesuai dengan yang diharapkan dan belum mengamalkan pelajaran yang telah diterima. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran di sekolah ini belum efektif dilihat dari segi pelsaksanaan proses pembelajaran pendidikan agama Islam. Selain itu masih tampak gejala-gejala yang menunjukkan tidak efektifnya proses pembelajaran yang diajarkan kepada siswa di Sekolah Dasar Negeri 101450 Balimbing Kecamatan Padang Bolak Julu Kabupaten Padang Lawas Utara. Sehingga proses pembelajaran belum efektif dan sulit dicapai siswa ketika selesai proses belajar mengajar. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Pembelajaran Efektif sekolah Dasar Negeri 101450 Balimbing Kecamatan Padang Bolak Julu , dan apa saja hambatannya. Tujuan dilakukannya penelitian adalah untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan pembelajaran efektif Sekolah Dasar Negeri 101450 Balimbing Kecamatan Padang Bolak Julu dan untuk mengetahui hambatannya. Metodologi penelitian dari penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dan hasil yang diperoleh merupakan hasil dari data deskriptif. Sumber data primer dan skunder. Sedangkan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini yaitu bahwa upaya guru Pendidikan Agama Islam masih belum efektif, karena sekolah ini masih belum lama menggunakan kurikulum 2013, jadi masih ada siswa/i yang kurang aktif. Upaya yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan pembelajaran efektif yaitu dengan membuat perencanaan, pemaparan perencanaan pembelajaran kepada siswa, menggunakan berbagai strategi, mengadakan evaluasi,menutup proses pembelajaran, melaksanakan follow up/tindak lanjut, menggunakan berbagai media, ahli dalam bidang profesional, ahli dalam menguasai materi pembelajaran, ahli dalam menetapkan dan menggunakan strategi pembelajaran, ahli dalam menetapkan tujuan dan ahli dalam perencanaan pembelajaran. Serta hambatan dalam meningkatkan pembelajaran efektif karena faktor intern yaitu faktor sikap terhadap belajar, motivasi belajar, konsentrasi belajar, mengolah bahan belajar, menyimpan perolehan hasil belajar, menggali hasil belajar yang tersimpan, kemamapuan unjuk hasil beajar, rasa percaya diri siswa, intelegensi dan keberhasilan belajar, kebiasaan belajar, cita-cita siswa, dan faktor ekstern yaitu sebagai pembina siswa belajar, sarana dan prasarana, kebijakan penilaian, lingkungan sosial di sekolah, dan kurikulum.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A. dan Ali Asrun Lubis, S.Ag, M.Pd. |
Keywords: | Upaya; Guru Pendidikan Agama Islam; Pembelajaran Efektif |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Aflah Indra Pulungan |
Date Deposited: | 25 Aug 2020 08:30 |
Last Modified: | 25 Aug 2020 08:30 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4439 |
Actions (login required)
View Item |