Nasution, Yusrida Hannum Karlina (2017) Penerapan Model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 100615 Pintupadang. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 330 0079.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar khususnya matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 100615 Pintupadang pada materi pecahan. Urgensi diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) adalah meningkatkan kecakapan individu dan kelompok, menghilangkan prasangka terhadap teman sebaya dan memahami perbedaan. Meningkatkan motivasi belajar dan rasa toleransi serta saling membantu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 100615 Pintupadang tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 30 orang siswa. Instrumen pengumpulan data yaitu lembar observasi dan pedoman wawancara. Sedangkan untuk pengolahan dan analisis data dilaksanakan secara kuantitatif dan kualitatif. Dari penelitian yang dilaksanakan maka diperoleh hasil bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 100615 Pintupadang. Kesimpulan ini didasarkan kepada peningkatan motivasi belajar siswa mulai dari siklus I sampai siklus III. Pada siklus I pertemuan 1 persentase ketuntasan motivasi belajar siswa sebesar 25 %. Siklus I pertemuan 2 persentase ketuntasan motivasi belajar siswa meningkat dari pertemuan hingga 11% sehingga meningkat sebesar 36 %. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 persentase ketuntasan motivasi belajar siswa sebesar 50,6 % meningkat hingga 14,6% dari pertemuan sebelumnya. Siklus II pertemuan 2 persentase ketuntasan motivasi belajar siswa sebesar 63.5 %. Terakhir pada siklus III pertemuan ke-1 persentase ketuntasan motivasi belajar siswa sebesar 73% meningkat 9,5% dari pertemuan sebelumnya. Pada siklus III pertemuan ke-2 persentase ketuntasan motivasi belajar siswa meningkat hingga 7,8% sebesar 80,8 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Mariam Nasution, M.Pd. |
Keywords: | Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (STAD); Motivasi Belajar Siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 13 Aug 2020 04:40 |
Last Modified: | 13 Aug 2020 04:40 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4311 |
Actions (login required)
View Item |