Harahap, Timourapriliah (2017) Pengaruh penggunaan variasi media terhadap minat belajar matematika pada siswa di SMPN 7 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 330 0075.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya minat belajar matematika siswa, hal ini terlihat dari berbagai sikap siswa terhadap pembelajaran yang sedang berlangsung, seperti kemauan siswa untuk bertanya, mencatat poin penting pada pelajaran, mau disuruh untuk mengerjakan soal latihan ke papan tulis dan sebagainya. Berdasarkan latar belakang penelitian di atas maka yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah melihat seberapa besar pengaruh penggunaan variasi media terhadap minat belajar matematika siswa di SMPN 7 Padangsidimpuan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori Behavioristik yang dikemukakan oleh B. F Skinner bahwa mendidik adalah mengubah tingkah laku siswa. Teori ini mendorong diciptakannya media yang dapat mengubah tingkah laku siswa sebagai hasil dari proses pembelajaran. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan mengggunakan metode Ex Post Facto, dengan jumlah populasi 152 siswa kelas VII SMPN 7 Padangsidimpuan dan sampel sebanyak 110 siswa yang diambil dengan menggunakan rumus Slovin. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket yaitu untuk variabel X sebanyak 15 butir pernyataan dan variabel Y sebanyak 15 butir pernyataan. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan perhitungan dari hasil analisis yang dilakukan, nilai penggunaan variasi media mempunyai tingkat pencapaian sebesar 68.53%, yang termasuk dalam kategori baik dan nilai minat belajar matematika siswa mempunyai tingkat pencapaian sebesar 77.39% yang termasuk dalam kategori baik. Keeratan hubungan antara penggunaan variasi media terhadap minat belajar matematika siswa adalah sebesar 0.354 yang merupakan hubungan yang rendah dengan koefisien determinasi sebesar 12.53% artinya besarnya minat belajar matematika dipengaruhi oleh media pembelajaran sebesar 12.53% dengan persamaan regresi Y = 41.8 + 0.3x yang berarti setiap perubahan skor penggunaan variasi media mengakibatkan perubahan pada minat belajar matematika siswa sebesar 0.3 satuan. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 15.53 > 3.93 dengan taraf signifikansi 5%, dari hasil konsultasi nilai tersebut, maka hipotesis yang dirumuskan dapat diterima, yaitu ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan variasi media terhadap minat belajar matematika siswa di SMPN 7 Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Asnah, MA dan Almira Amir, M.Si |
Keywords: | Media; Minat belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 13 Aug 2020 04:34 |
Last Modified: | 13 Aug 2020 04:34 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4307 |
Actions (login required)
View Item |