Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika pada pokok bahasan trigonometri di kelas XI SMAN 1 Portibi

Wahyuni, Sri (2017) Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika pada pokok bahasan trigonometri di kelas XI SMAN 1 Portibi. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 330 0073.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa dimana terdapat 71% siswa yang tidak mencapai nilai KKM dan salah satu materi yang paling sulit dirasakan siswa adalah trigonometri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan-kesulitan yang dialami siswa khususnya saat menyelesaikan soal-soal materi trigonometri di kelas XI IA SMAN 1 Portibi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendapat Lerner tentang kesulitan belajar matematika yang disebut dengan diskalkulia. Kesulitan belajar matematika terdiri dari kelemahan dalam menghitung, kesulitan dalam mentransfer pengetahuan, pemahaman bahasa matematika yang kurang, dan kesulitan dalam persepsi visual. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan secara kualitatif dilakukan dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengolahan dan analisis data dilaksanakan dengan naratif menggunakan logika berfikir ilmiah. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IA 1, kelas XI IA 3, dan guru bidang studi matematika. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa mengalami kesulitan yaitu tidak dapat memahami dan membedakan rumus jumlah dan selisih dua sudut dengan baik, kurang memahami pengaplikasian rumus dalam penyelesaian masalah, tidak mengetahui sama sekali bagaimana langkah-langkah penyelesaian soal, tidak mengetahui nilai fungsi trigonometri untuk sudut di kuadran II, dan lemah dalam operasi hitung bilangan. Hal ini disebabkan oleh 2 faktor yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal siswa yaitu ketersediaan buku matematika masih sangat terbatas, kegiatan yang dilaksanakan dari pihak sekolah, guru selalu menggunakan metode ceramah. Sedangkan faktor internal siswa yaitu rendahnya kemampuan awal matematika siswa, siswa tidak memahami konsep trigonometri dan trigonometri dasar di kelas X, tidak memahami definisi sin, cos, dan tan, serta tidak hapal dan memahami rumus-rumus trigonometri terutama rumus penjumlahan dan selisih dua sudut, siswa kurang banyak latihan dalam mengerjakan soal-soal yang berkenaan dengan materi trigonometri khususnya pada penjumlahan dan selisih dua sudut dan cenderung hanya belajar dari contoh soal yang diberikan guru. Selain faktor di atas, penyebab lain adalah rendahnya penguasaan siswa terhadap operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Asnah, MA dan Suparni, S.Si, M.Pd
Keywords: Kesulitan; Soal-Soal; Trigonometri
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 13 Aug 2020 04:25
Last Modified: 13 Aug 2020 04:25
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4306

Actions (login required)

View Item View Item