Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Nilai-Nilai Pendidikan Islam yang Terkandung dalam Al-Qur’an Surah An-Nur Ayat 27-29

Pohan, Mewa Sari (2019) Nilai-Nilai Pendidikan Islam yang Terkandung dalam Al-Qur’an Surah An-Nur Ayat 27-29. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1520100176.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah adab-adab bertamu dalam kandungan surah an-Nur ayat 27-29. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penafsiran tentang surah an-Nur ayat 27-29 menurut tafsir al-Mishbah dan apa sajakah nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam al-qur’an surah an- Nur ayat 27-29. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penafsiran al-qur’an surah an-Nur menurut tafsir al-Mishbah dan untuk menggambarkan nilai-nilai pendidikan islam yang terkandung dalam surah an-Nur ayat 27-29. Kegunaan penelitian ini adalah untuk memperkaya khazanah keilmuan seputar penafsiran ayat- ayat tentang pendidikan islam dan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan yang telah ada. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu tafsir sehubungan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan penafsiran tentang surah an-Nur ayat 27-29 menurut tafsir al-Mishbah dan apa saja nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam al-qur’an surah an-Nur ayat 27-29. Penelitian ini bersifat penelitian kepustakaan library research .Yakni metode penelitian kualitatif deskriptif. Konsekuensinya adalah bahwa sumber-sumber datanya berasal dari Al-Qur’an dan Hadist, buku-buku tafsir, buku-buku pendidikan Islam dan buku-buku pendukung lainnya. Dengan demikian metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tafsir Al-Qur’an yaitu tafsir tahlily dengan analisa kualitatif. Data yang digunakan dalam penyusunan skiripsi ini adalah data yang bersifat primer maupun sekunder. Sumber primer adalah data yang diperoleh dari sumber inti. Dalam melakukan kajian mengenai suatu ayat, maka jelaslah kalau yang menjadi sumber data primer adalah berasal dari Al-Qur’an, tepatnya pada Al-Qur’an surah an-Nur ayat 27-29. Data skunder adalah data yang diperoleh dari sumber- sumber lain yang berkaitan dengan masalah penelitian dan memberi interpretasi terhadap sumber primer. Maka hasil yang ditemui: Nilai Pendidikan Sosial yaitu memelihara silaturahim, Nilai Pendidikan Akhlak yaitu adab bertamu, jangan menguping dan meminta izin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pendidikan Islam; Alqur'an Surah Annur Ayat 27-29
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 14 Apr 2020 06:08
Last Modified: 14 Apr 2020 12:35
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/430

Actions (login required)

View Item View Item