Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran matematika (studi di jurusan tadris/pendidikan matematika IAIN Padangisidmpuan)

Aziz, Abd. (2017) Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran matematika (studi di jurusan tadris/pendidikan matematika IAIN Padangisidmpuan). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 330 0080.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah kurangnya ketertarikan mahasiswa dalam belajar matematika, dan kurangnya kemauan mahasiswa dalam belajar matematika, hal ini dilihat dari persiapan sebelum pembelajaran dilaksanakan, seperti masih kurang dalam mencari materi atau bahan yang akan di pelajari, maka perlu dilihat tanggapan dan pendapat mahasiswa terhadap pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran matematika di IAIN Padangsidimpuan Penelitian ini dilakukan dengan melakukan pendekatan kualitatif diskriptif, yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena disekitarnya dan menganalisisnya dengan menggunakan logika ilmiah. Penelitian ini menggunakan teknik Angket yaitu dengan menggunakan angket terbuka dalam mengumpulkan data. Adapun subyek penelitian ini mahasiswa aktif yang mengikuti pembelajaran di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan tahun akademik 2016/2017. Hasil penelitian ditemukan bahwasanya persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran matematika difokuskan pada a. persiapan mahasiswa dalam pembelajaran matematika, b. pelaksanaan pembelajaran dengan dosen matematika dan c. penilaian dalam pembelajaran matematika, hal tersebut sudah dianalisis bahwasanya hasil mahasiswa sudah sepenuhnya mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pembelajaran matematika dan mahasiswa Jurusan Tadris Matematika memiliki persepsi yang baik dalam pembelajaran matematika di Jurusan Tadris Matematika IAIN Padangsidimpuan. Dan berdasarkan perhitungan yang dilakukan terhadap data hasil angket, pembelajaran matematika di Jurusan Tadris matematika dikategorikan Cukup Baik dengan interpretasi skor 55,61%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ahmad Nizar Rangkuti dan Zulhammi
Keywords: persepsi mahasiswa; pembelajaran matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 13 Aug 2020 03:27
Last Modified: 13 Aug 2020 03:27
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4293

Actions (login required)

View Item View Item