Mardia, Enni Etika (2017) Efektivitas pelaksanaan metode diskusi dalam pembelajaran matematika pada jurusan tadris/pendidikan matematika IAIN Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 330 0050.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
enelitian ini dilatarbelakangi oleh dominannya metode pembelajaran yang digunakan di perguruan tinggi termasuk IAIN Padangsidimpuan yaitu metode diskusi. Pelaksanaan metode dikusi pada pembelajaran matematika masih menuai kritikan dan keluhan dari mahasiswa, baik itu penguasaan materi yang kurang, penyampaian materi yang kurang komunikatif, ketidakmampuan dalam mengelola diskusi dan tidak terlibat seluruh mahasiswa secara aktif dalam proses diskusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan metode diskusi dalam pembelajaran matematika pada jurusan tadris/pendidikan matematika IAIN Padangsidimpuan. Teori efektivitas dalam penelitian ini adalah pengukuran dalam arti tercapainya sasaran atau tujuan yang telah ditentukan. Tujuan menggunakan metode diskusi yang ditetapkan oleh dosen pengampu yaitu segi kognitif dosen ingin melihat pemahaman mahasiswa terhadap materi, segi afektif, melihat sikap kepercayaan diri dan rasa tanggung jawab bersama dan segi psikomotorik, melihat keterampilan berpikir, keterampilan berbicara dalam mengeluarkan ide-ide. Penelitian ini dilakukan pada jurusan tadris/pendidikan matematika IAIN Padangsidimpuan. Lokal yang menggunakan metode diskusi ada 5 yaitu 3 lokal dalam mata kuliah Matematika Diskrit dan 2 lokal dalam mata kuliah Metode Numerik. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Teknik analisa data pada penelitian ini dengan analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan dapat diperoleh bahwa pelaksanaan metode diskusi dalam pembelajaran matematika pada jurusan tadris/pendidikan matematika IAIN Padangsidimpuan sesuai dengan langkah-langkah metode diskusi. Metode diskusi dalam pembelajaran matematika terkategori efektif. Pelaksanaan metode diskusi dapat mencapai tujuan pembelajaran yang ditentukan oleh dosen yang bersangkutan. Kemampuan mahasiswa dalam memahami materi mencapai ketuntasan belajar. Pelaksanaan metode diskusi dalam pembelajaran matematika memberi efek positif dalam segi afektif (sikap) mahasiswa yaitu mahasiswa menjadi lebih aktif, bertanggungjawab dan menunjukkan sikap peduli terhadap tugas-tugas yang diberikan dalam proses pembelajaran. Segi psikomotorik (keterampilan) yaitu mahasiswa jadi lebih terlatih dalam berkomunikasi, menjelaskan ataupun keterampilan berbicara di depan kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Asnah dan Mariam Nasution |
Keywords: | Metode; pembelajaran; diskusi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 13 Aug 2020 03:35 |
Last Modified: | 13 Aug 2020 03:35 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4289 |
Actions (login required)
View Item |